Padang, InfoPublik – Padang sebagai Ibukota Provinsi Sumatera-Barat banyak memiliki objek wisata yang menarik diantaranya wisata pantai, wisata bahari, sejarah, air terjun dan lain sebagainya.Dan salah satu objek wisata yang telah populer di wilayah nusantara ini, bahkan hingga ke mancanegara adalah pantai  Air Manis (aie manih-minang) dengan legenda batu Malin Kundang.

Pantai Air Manis ini berada di kelurahan Air Manis, Kecamatan Padang Selatang, telah menjadi daya tarik dikunjungi, baik wisatawan lokal maupun asing. Pantai ini memiliki  pesona yang indah, gulungnan ombak yang semilir. Hembusan angin selalu terasa, suara ombak  dengan ridikan hempasan membuih putih ke bibir pantai sepanjang hari. Sehingga menambah nuansa yang menyenangkan para pengunjung.

Untuk menuju ke pantai yang satu ini hanya berjarak sekitar 15 KM dari Pasar Raya Padang. Dan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) banyak  kendaraaan yang melayani rute tersebut. Para wisatawan bisa pula memanfaatkan angkutan umum khusus bandara, melayani rute tersebut sekitar 30 menit sampai.

Di pantai Air Manis ketika air laut sedang pasang  surut, para wisatawan bisa berjalan kaki menelusuri bibir pantai yang cukup luas sembari menikmati pemandangan laut yang membentang luas. Pantai Air Manis  berpasir berbaur kecoklatan keputihan jadi alas hamparan bibir pantai dan landai itu. Itulah sebabnya  pantai ini  jadi pilihan untuk tempat wisata keluarga.

Pantai Air Manis, juga populer dengan batu Malin Kundang berbentuk seseorang bersujud kepada ibunya, yang  dikenal dengan legenda Malin Kundang Anak  Durhaka. Batu itu Kutukan dari ibunya, dan hempasan ombak, sehingga terlihat puing-puing kapal dan tali-tali pengikat kapal bergulung.  Ketika ombak menghempas, dan berdebur dari  batu tersebut, terdengar suara lolongan yang mengasikkan. Para wisatawan juga bisa menyaksikan dari dekat Batu Malin Kundang yang melegenda tersebut.

Di sekitar pantai Air Manis juga tersedia beberapa penginapan yang rata-rata dikelola oleh masyarakat setempat, sehingga harga sewanya tidak bagitu mahal. Begitu juga dengan tempat makan juga ada. di sepanjang pantai hanya tinggal menikmatinya, gulai ikan kapalo lauk.

Tidak jauh dari  bibir pantai Air Manis itu, tampak pulau Pisang Kecil (ketek)  berdiri bulat dengan pepohan yang subur, menarik juga  untuk dikunjungi wisatawan. Pulau ini terlihat seperti dua buah pulau yang terpisah walaupun sebenarnya  hanya satu. Jika berkunjung ke Pulau Pisang Kecil itu, wisatawan  cukup berjalan kaki aat pasang surut.(# Penulis oalah MC Padang/ Irwandi Rais/Kus)