Tingkatkan Produksi, Lahan Budidaya Bawang Putih di Temanggung Diperluas

:


Oleh MC Kab. Temanggung, Selasa, 27 Februari 2018 | 09:32 WIB - Redaktur: Kusnadi - 768


Temanggung, InfoPublik – Kementerian Pertanian bersama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung melakukan perluasan area budidaya bawang putih seluas 1.930 hektare

Program pengembangan bawang putih di Kabupaten Temanggung pada tahun 2017 mencapai 1.170 hektare yang bekerjasama dengan 162 kelompok tani. Sedangkan di tahun 2018 ini perluasan lahan untuk mengembangkan budidaya bawang putih sendiri mencapai 1.930 hektare yang bekerjasama dengan 250 kelompok tani  yang tersebar di 12 kecamatan di Temanggung.

Sigit Sulistyo Budi selaku Kepala Bidang Holtikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung saat ditemui di kantornya Senin (26/2),  menjelaskan bahwa program pengembangan budidaya bawang putih  dapat menunjang swasembada komoditas ini.

Selain itu ia juga mengatakan program ini juga mendapatkan bantuan dari APBN sebesar 75 Miliyar. Bantuan tersebut diberikan untuk kelompok tani berupa sarana produksi (SAPRODI) dan alat mesin pertanian (ALSINTAN), serta bantuan benih senilai 60 juta per hektare.

Perluasan area budidaya bawang putih di Temanggung diharapkan dapat mengurangi import bawang putih serta dapat mendukung program pemerintah pusat yaitu swasembada komoditas bawang putih,”  ujar Sigit.

Selanjutnya Sigit juga menyebutkan 12 kecamatan yang cocok untuk dilakukan penanaman bawang putih meliputi Kecamatan Bansari, Kledung, Tembarak, Selopampang, Parakan, Kaloran, Tlogomulyo, Wonoboyo, Tretep, Ngadirejo, Candiroto dan Bulu. Menurutnya 12 kecamatan tersebut cocok untuk ditanami bawang putih karena memiliki sumber air serta kontur dan ketinggian tanah yang bagus, sehingga dapat menghasilkan bawang putih dengan kualitas dengan rasa yang khas dan aroma yang kuat.

Langkah tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan swasembada bawang putih. Selanjutnya, dengan adanya perluasan lahan dalam membudidayakan komoditas bawang putih di Temanggung diharapkan Indonesia tidak lagi import bawang putih. (MC TMG/Ria /Coeplis/Ekape/Kus)