Tingkatkan Kapasitas, Guru Ngaji Ikuti Pelatihan

:


Oleh MC Kab Agam, Selasa, 27 Februari 2018 | 16:27 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 1K


Lubuk Basung, InfoPublik - Untuk meningkatkan kapasitas guru Taman Pendidikan Alquran (TPA)/Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA), Pemerintah Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat melalui Bagian Kesra Sekretariat Daerah, memberikan peningkatan kapasitas bagi 82 guru TPA/MDA melalui pelatihan. 

Bupati Agam melalui Sekretaris Daerah, Martias Wanto, Dt Maruhun, pada pembukaan tersebut, Senin (26/2) di Hotel Sakura Syariah, Lubuk Basung, mengatakan pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas mutu pendidikan bagi guru dan menanamkan tekad diri sebagai tugas guru TPA/MDA.

"TPA adalah unit pendidikan non formal jenis keagamaan berbasis komunitas muslim, yang menjadikan Al-Qur’an sebagai materi utamanya dan diselenggarakan dalam suasana yang indah, bersih, rapi, nyaman, serta menyenangkan," katanya.

Bobroknya moral generasi saat ini, menurutnya semua itu terjadi karena generasi muda saat ini sudah mulai meninggalkan Alquran. "Kerusakan moral terjadi dalam segala bidang karena kita sudah mulai tinggalakan Al-Quran. Efeknya negara harus membayar mahal untuk memulihkan kembali akhlak generasi kita," ungkapnya.

Oleh karena itu, melalui Gerakan Nagari Madani pihaknya mencoba mengembalikan generasi Agam yang Qur'ani yang berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. "Saya berharap, pelatihan ini dapat memberikan sumbangsih, demi perbaikan karakter generasi masa depan bangsa yang lebih baik lagi," pintanya.

Sebelum itu, Kepala Bagian Kesra Syatria, kepada InfoPublik, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan selama 26 hingga 28 Februari 2018 untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan kualitas guru TPA se-Kabupaten Agam.

"Selain itu, kegiatan ini juga dimaksud agar terjalinnya silahturahmi dan Ukhuwah Islamiyah diantara para guru MDA," ujarnya. (mcagam/Vira)