BPBD Indramayu : Warga Sekitar Sungai Cimanuk Agar Waspada Banjir

:


Oleh Media Center Kabupaten Indramayu, Sabtu, 24 Februari 2018 | 08:14 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 441


Indramayu, InfoPubli –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu menghimbau kepada masyarakat yang menetap berdekatan dengan bantaran sungai Cimanuk waspada dikarenakan debit dan volume air sungai yang meninggi.

Kepala Seksi Rehablitas BPBD Kabupaten Indramayu, Saptaaji Aminudin, mengatakan kondisi ini harus diwaspadai karena debit air di sungai Cimanuk tersebut terlihat langsung pada Tinggi Permukaan Air (TPA) di Bendungan Karet Rembatan Wetan Indramayu yang mencapai 520 cm.

“Tinggi muka air (TMA) saat ini sudah 520 cm. Normalnya sekitar 300 cm, warga yang dekat agar selalu waspada dengan kedaan saat inii,” katanya saat di hubungi. Sabtu (24/02).

Luapan kecil sugai Cimanuk saat ini sudah terasa sampai di beberapa rumah warga yang berdekatan langsung dengan tanggul Cimanuk seperti blok Blok Waledan Desa Lamarantarung, Blok Macan Desa Rembatan Wetan, Blok Pekandangan Desa Sindang, untuk megantisipasi luapan semakin besar sejumlah warga bergotong royong untuk membuat tanggul kecil mengguanakan karung yang berisikan pasir.

“Semoga malam di hulu sungai tidak hujan. Soalnya kalau di hulu hujan, maka air kirimannya akan mengalir ke sini,” kata Edi, salah seorang warga yang berdekatan dengan tanggul sungai cimanuk. (M.Toyib/TR)