Konstruksi Bendungan Beringin Sila Akan Dimulai Tahun 2018

:


Oleh MC Kab. Sumbawa, Jumat, 23 Februari 2018 | 13:09 WIB - Redaktur: Kusnadi - 749


Sumbawa Besar, InfoPublik – Pembangunan megaproyek bendungan raksasa Beringin Sila di Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa akan dimulai pada pertengahan Tahun 2018 ini.

Kepastian akan dimulainya konstruksi ini diperoleh setelah dilakukan peninjauan lokasi bendungan secara langsung oleh Tim Ahli Bendungan dari Balai Bendungan Kementerian PUPR, didampingi langsung oleh Bupati Sumbawa, H.M. Husni Djibril, B.Sc, bersama Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I, Ir. Asdin Juliady, Selasa (20/2) lalu di kawasan Beringin Sila Kecamatan Utan.

Tenaga Ahli Bendungan Kementerian PUPR Ir. Adi Suryo mengungkapkan, posisi bendungan Beringin Sila Kecamatan. Utan merupakan lokasi bendungan yang sangat bagus dan ideal.

Proses pembangunan bendungan ini dan berbagai fasilitas penunjangnya diperkirakan memakan waktu sekitar tiga tahun. Bendungan yang memiliki garis tengah sepanjang enam ratus meter, dengan ketinggian air nantinya mencapai 93 meter ini dapat mengairi areal pertanian seluas empat ribu hektar.

Sementara itu, Bupati Sumbawa H.M.Husni Djibril, B.Sc. atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumbawa menyampaikan terima kasih yang mendalam kepada seluruh jajaran BWS dan Pemerintah Pusat yang telah mempercepat proses terwujudnya bendungan Beringin Sila.

Menurut Bupati Husni, bendungan tersebut telah menjadi dambaan masyarakat kecamatan Utan khususnya dan Kabupaten Sumbawa sejak puluhan tahun yang lalu.

“Dengan beroperasinya bendungan tersebut nantinya, bukan sekedar menghidupkan program pertanian, tetapi bisa memberi player effect bagi pengembangan sektor pariwisata dan sektor-sektor lainnya” pungkas Bupati optimis. (ra/mckabsumbawa/Kus)