UKM Kota Malang Disiapkan Bersaing Di ASEAN

:


Oleh MC Kota Malang, Jumat, 23 Februari 2018 | 10:09 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 441


Malang, InfoPublik - Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI bersama Pemerintah Kota Malang menggelar acara Penyampaian Saran dan Kebijakan Pemanfaatan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Dalam Rangka Peningkatan Daya Saing Produk Pertanian dan Produk Olahannya di Hotel Atria, Kamis (22/02).

Kegiatan ini menghadirkan pemateri dari The ASEAN SME Academy Galuh Wulan untuk memberikan pengalaman dan skill-nya untuk mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Menembus batas daerah bahkan batas negara, kata Galuh Wulan, para pelaku usaha kecil di Kota Malang agar memanfaatkan dunia online untuk memasarkan berbagai produk.

Galuh yang merupakan senior manajer ASEAN Academy ini  mengungkapkan, akademi ASEAN diselenggarakan untuk pengembangan UKM agar bisa berdaya saing tinggi dan tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga internasional. Dengan terus membenahi dan meningkatkan kemampuan UKM dalam mengakses produk keuangan, pasar regional dan internasional, juga layanan informasi, konsultasi  juga teknologi dan inovasi.

“Dalam kegiatan ini, kami tidak melakukan sendiri, ada tim fasilitator yang menemani di antaranya Wahyu Heriwati, Abdul Ghoni, Lukman yang membantu saya agar kegiatan ini bisa berjalan maksimal,” ucap Galuh.

Tahun lalu, acara seperti ini sudah dilakukan di Pekanbaru. Untuk tahun 2018 ini, kata dia, Kota Malang yang berkesempatan diadakannya akademi ASEAN yang diikuti oleh 50 peserta terpilih.

 “Kami berharap setelah mengikuti kegiatan ini bisa menambah wawasan peserta agar bisa semakin bagus lagi dalam mengembangkan usaha,” terang Galuh.

Berbagai materi dibahas dalam kegiatan ini, di antaranya terkait dasar-dasar entrepreneurship, The ASEAN SME Academy, platform key feature and registrasi, mengeksplorasi isi academy.(MC.Kota Malang/ Cahyo Nugroho/Ramli Prayoga/Eyv)