Upika Rambah Hilir Dan Disparbud Rohul Gelar Gotong Royong Bersama

:


Oleh MC Kabupaten Rokan Hulu, Jumat, 23 Februari 2018 | 10:06 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 400


Rohul, InfoPublik - Camat Rambah Hilir, bersama Kepela Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Rohul, serta Unsur Pimpinan Kecamatan se-Rambah Hilir, gelar gotong royong (goro) bersihkan Makam-makam Raja Rambah di Desa Rambah, Kecamatan Rambah Hilir, merupakan program Kamis Bersih perdana yang diterapkan di Kecamatan Rambah Hilir.

Kegiatan dilaksanakan sejak pagi hari, diawali apel pagi bersama dipimpin Camat Rambah Hilir,H.Agus Salim.S.Sos, bersama Kadisparbud Rohul Drs Yusmar M.Si, Danramil 02/Rambah Kapten Inf Syahril, Kapolsek Rambah Hilir Budi Isani.SH, Kepala Puskesmas Rambah Hilir I Abu Syofyan, Juga hadir Kades Rambah Herman Hadi, para Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta para pegawai di jajaran Camat Rambah Hilir, mahasiswa UPP, Pramuka, pemuka masyarakat, tokoh agama, dan dari perwakilan LKA desa.

Camat Rambah Hilir, H.Agus Salim.S.Sos, Kamis (22/2) mengatakan, program Kamis Bersih yang dicanangkan pihaknya bersama Kepela Puskemas Rambah Hilir I, yang pelaksanaannya akan dilaksanakan dua pekan sekali dan bergilir di desa-desa se-Rambah Hilir.

"Tahap perdana ini, kita gelar Kamis Bersih dengan goro ke Makam-makam Raja Rambah, yang menjadi situs sejarah di Desa Rambah. Situs ini dilindungi, dan menjadi objek pariwisata di kabupaten Rohul ini. Berharap, dengan melibatkan seluruh elemen, Upika dan masyarakat, kebersamaan, kekompakan kita bisa meningkat. Ini akan jadi agenda kita rutin kita setiap dua pekan (minggu) sekali,” kata Camat.

Goro yang dilaksanakan, yakni mulai pembersihan gerbang, di kawasan pemakaman, serta objek situs sejarah, dengan membersihkan rumput, dedaunan serta ranting-ranting yang berserakan.

Kades Rambah Herman Hadi berterima kasih, karena Kamis Bersih perdana yang dilaksanakan sebagai agenda bersama Pemerintah Kecamatan Rambah Hilir dilaksanakan di desa mereka. Karena, situs sejarah Makam–makam Raja Rambah berada di wilayah administratif Desa Rambah.

"Dengan adanya Kamis Bersih, ikon pariwisata di Rohul ini nantinya akan kita jaga. Kemudian, pemerintah desa dan masyarakat Rambah juga akan melaksanakan agenda rutin yakni ziarah bersama. Nantinya, dilaksanakan desa, dengan melibatkan seluruh elemen yang ada,” janji Herman Nadi.

Kadisparbud Rohul, Yusmar, menyatakan, pihaknya menyambut baik atas kepedulian yang diajukan Kecamatan Rambah Hilir, bersama Upika dan Desa Rambah dengan ikut perduli terhdap situs sejarah Makam Raja Rambah.

"Dengan kepedulian itu, situs dan cagar alam yang menjadi kekayaan Kabupaten Rohul bisa terus dilestarikan. Ini kegiatan positif, apalagi seluruh elemen dilibatkan. Kita beri aplus semoga kegiatan kamis Bersih bisa dilaksanakan di desa lainnya di Kecamatan yang ada di Rohul, terutama di kawasan objek wisata dan situs-situs sejarah karena itu merupakan aset serta kekayaan Negeri Seribu Suluk ini,” ungkap Yusmar.

Danramil 02 Rambah Kapten Inf Syahril dan Kapolsek Rambah Hilir Iptu Budi Isani.SH menyatakan, mereka sangat mendukung kegiatan-kegiatan Kamis bersih, temasuk goro yang dilaksanakan. Keduanya menyatakan, warga sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan goro secara bersama-sama bahu membahu dalam menyelesaikan pekerjaannya.

”Terimakasih karena melibatkan TNI dan Polri di goro ini. Kegiatan ini, merupakan sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa Raja-raja Rambah, dengan bekerja secara bersama-sama dengan warga, hal tersebut menunjukkan bahwa persatuan yang ada, masih tetap solid untuk menjaga kebersihan serta keindahan di lingkungan.

"Nantinya di wilayah teritorial Koramil 02 Rambah mampu untuk membangun daerah yang lebih baik lagi dan dipertahankan dikemudian hari," harapnya. (MC.kab Rohul/Eyv).