Dinas Arpusda Boalemo Gelar Lomba Bercerita Anak

:


Oleh MC Prov Gorontalo, Jumat, 23 Februari 2018 | 09:38 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 282


Gorontalo, InfoPublik - Untuk menumbuhkembangkan gemar membaca di kalangan anak-anak, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Arpusda) Kab. Boalemo menggelar lomba bercerita bagi siswa siswi SD/MI tingkat Kabupaten Boalemo, Kamis (22/2). Lomba bercerita diambil dari buku-buku legenda dan tokoh dari berbagai daerah di Indonesia.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo Yosef P. Koton mengatakan bahwa budaya membaca harus ditanamkan sejak dini, sehingga pada masa akan datang para generasi ini sudah terbentuk karakter yang memiliki ide-ide yang kreatif.

“Apa yang keluar dari mulut anak-anak bergantung dari apa yang ia baca, ia amati dan tiru selama ini. Oleh sebab itu, melalui lomba ini kami harapkan minat anak anak untuk membaca semakin baik,” ujar Koton.

Lebih lanjut Koton menjelaskan, minat baca anak tidak cukup hanya mengandalkan dari guru di sekolah. Butuh peran aktif orang tua di rumah agar anak mau membaca. Terlebih di era saat ini yang mana anak anak cenderung lebih suka bermain gadget.

Adapun pemenang pada lomba bercerita tersebut yakni juara 1 diraih oleh Axl Puluhulawa asal SDN 09 Dulupi dengan judul cerita Legenda Botu Liyodu. Juara 2 direbut Fahril Rauf utusan SDN 02 Dulupi, dengan judul cerita Limonu Yang Perkasa. Sementara untuk juara 3 yakni Putri Amalia M. Musa utusan SDN 02 Tilamuta dengan judul cerita Putri Kaca Mayang. (mcprovgorontalo/humas/isam)