Potensi UKM Kota Malang Sangat Luar Biasa

:


Oleh MC Kota Malang, Kamis, 22 Februari 2018 | 10:34 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 523


Malang, InfoPublik - Pemerintah Kota Malang bersama Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI menggelar acara seminar dan pelatihan di Hotel Atria Kota Malang, Rabu (21/02). Hal ini untuk meningkatkan potensi usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Malang.

Kegiatan yang bertajuk Penyampaian Saran dan Kebijakan Pemanfaatan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Dalam Rangka Peningkatan Daya Saing Produk Pertanian dan Produk Olahannya ini, dibuka langsung oleh Pjs. Walikota Malang Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT.

Hadir dalam kegiatan ini Direktur Kerja Sama Ekonomi ASEAN, Kemenlu RI Ade Petranto, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Dra. Tri Widyani P., M.Si, Pengusaha Keripik Kajeye Food Ir. Kristiawan, Chief of Party ASEAN Dr. Thimothy Buecher.

Wahid Wahyudi mengungkapkan potensi UKM Kota Malang sangat luar biasa jika ditangani dengan baik. Potensi ini akan sangat baik sekali, baik itu penanganan dalam pengolahan, pengemasan maupun metode pemasaran sangat diperlukan.

“Saat ini sudah memasuki era global, di mana eranya adalah persaingan. Agar tidak tergilas oleh ketatnya persaingan, UKM Kota Malang harus terus meningkatkan kualitas,” jelas Wahid Wahyudi.

Sentra perekonomian di Indonesia di wilayah Timur, kata dia, sebenarnya terpusat di Provinsi Jawa Timur. Buktinya adalah banyaknya produk-produk dari berbagai daerah di Jawa Timur dan membanjiri berbagai daerah yang ada di kawasan Timur Indonesia.

“Saya yakin pelaku UKM di Kota Malang banyak yang belum tahu berbagai informasi tentang MEA, kami berharap forum ini bisa dimanfaatkan dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Tri Widyani P mengatakan, forum ini terselenggara atas kerja sama Pemerintah Kota Malang dengan Kementrian Luar Negeri. Tujuannya, untuk mengangkat perekonomian bidang UKM Kota Malang.

“Kegiatan ini diikuti oleh 100 pelaku UKM di Kota Malang, kami berharap adanya kegiatan ini bisa banyak membawa manfaat,” kata Yani, panggilan akrab Tri Widyani P.

Kota Malang ini, kata dia, gudangnya UKM, khususnya kegiatan yang bergerak di bidang pertanian dan olahan makanan. Forum ini diharapkan bisa menjadi solusi banyaknya UKM agar bisa semakin berkembang.(MC.Kota Malang/Cahyo Nugroho/Ramli Prayoga/Eyv)