Angkasa Pura I Canangkan Program Pemasaran 2018

:


Oleh Dian Thenniarti, Rabu, 21 Februari 2018 | 14:23 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 233


Jakarta, InfoPublik - PT Angkasa Pura I (Persero) telah menyiapkan sejumlah program pemasaran bandara dan kegiatan terkait customer relationship management selama tahun 2018. 

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi menjabarkan beberapa program pemasaran bandara dan kegiatan terkait customer relationship management yang dimaksud diantaranya adalah program insentif untuk maskapai, Collaborative Destination Development (CDD), serta integrated marketing campaign. "Diharapkan hal ini dapat membantu maskapai dalam mengembangkan bisnisnya, khususnya dalam pembukaan rute-rute baru dan penambahan frekuensi penerbangan," jelas Faik Fahmi di sela-sela kegiatan Airports-Airlines Gathering 2018 di Jakarta, Rabu (21/2).

Menurut Faik Fahmi, hal ini juga merupakan cara Angkasa Pura I dalam berkontribusi memajukan industri aviasi nasional, mendorong peningkatan lalu lintas transportasi udara, mengoptimalkan kinerja bandara, sekaligus memberikan alternatif pilihan jadwal penerbangan bagi masyarakat.

Lebih lanjut dijabarkan, program insentif bagi maskapai berupa pembebasan biaya pendaratan (landing fee) bagi rute atau penerbangan baru di Bandara Pattimura Ambon, Bandara Frans Kaisiepo Biak, dan Bandara El Tari Kupang selama 6 bulan. 

Lalu potongan 50 persen biaya pendaratan bagi rute atau penerbangan baru di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Lombok Praya, Bandara Adi Soemarmo Solo, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin selama 6 bulan.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I, Devy Suradji menambahkan, program insentif untuk maskapai lainnya adalah berupa pembebasan biaya promosi maskapai di bandara selama satu bulan penuh, pembebasan biaya inagurasi pembukaan rute baru di bandara, dan insentif untuk menstimulus pertumbuhan penumpang.
 
"Sedangkan program Collaboration Destination Development (CDD) pada tahun 2018 ini akan dilakukan di 10 kota, yaitu Solo, Balikpapan, Biak, Ambon, Lombok, Surabaya, Makassar, Manado, Banjarmasin, dan Kupang," ungkap Devy.

CDD merupakan forum focus group discussion yang diinisiasi Angkasa Pura I dengan melibatkan seluruh stakeholder industri pariwisata daerah untuk bersama-sama mendorong pengembangan industri pariwisata daerah. 

CDD ini dilakukan dalam tiga fase; fase pertama untuk membangun awareness industri pariwisata, fase kedua untuk mengumpulkan dan mengaktifkan kolaborasi dan partisipasi para stakeholder, dan fase terakhir untuk melakukan strategi hardselling dan pengembangan aksi lanjut.

Selain itu, Angkasa Pura I juga menyelenggarakan kampanye terintegrasi dengan aktivitas global (integrated marketing campaign) untuk meningkatkan exposure di tengah penyelenggaraan kegiatan-kegiatan global, seperti IMF-World Bank Annual Meeting di Bali pada Oktober 2018, International Council of Woman (ICW) General Assembly di Yogyakarta (September 2018), Torch Relay Asian Games 2018 di Yogyakarta-Solo-Semarang (Agustus 2018), Earth Day 2018 di Balikpapan (22 April 2018), serta Earth Hour 2018 di 13 bandara Angkasa Pura I (Maret 2018).  

"Dengan semakin eratnya kerja sama dan sinergi dengan mitra maskapai, maka dapat dielaborasi potensi peluang yang bisa dikembangkan, sehingga dapat menciptakan tren baru dan value added services bagi penumpang pesawat udara yang pada akhirnya meningkatkan kinerja bersama," harap Devy.

Sementara terkait Airports-Airlines Gathering 2018 yang di inisiasi PT Angkasa Pura I (Persero), di ungkapkan Faik Fahmi, bahwa kegiatan tersebut sebagai upaya memperkuat kerja sama dengan mitra-mitra maskapainya, dan bertujuan untuk menyinergikan strategi pengembangan bandara-bandara Angkasa Pura I agar relevan dengan strategi pengembangan para mitra maskapai di 2018 ini.