Baznas Singkawang Salurkan Zakat untuk Ratusan Mualaf

:


Oleh MC Kota Singkawang, Rabu, 21 Februari 2018 | 09:29 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 669


Singkawang, InfoPublik - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Singkawang mendistribusikan zakat tahap I tahun 2017 kepada ratusan mualaf di Gedung Arafah Komplek Mesjid Agung Singkawang, Selasa (20/2).

Pendistibusian itu dihadiri Staf Ahli Walikota Singkawang Bidang Kemasyarakatan dan SDM Agus Prayitno yang berkesempatan menyerahkan zakat secara simbolis kepada mualaf.

Ketua Baznas Kota Singkawang H Mahmudi mengatakan para mualaf yang menerima bantuan ada sebanyak 200 orang yang meliputi lima kecamatan di Kota Singkawang. "Pendisutribusiannya kita bagi menjadi tiga kegiatan, pertama di Gedung Arafah, kemudian besok di Aula Rumah Sakit Jiwa dan besoknya lagi di mesjid Kelurahan Sagatani Kecamatan Singkawang Selatan," katanya.

Masing-masing mualaf, katanya, akan mendapatkan satu bingkisan yang berisikan indomie, beras, minyak goreng dan susu ditambah uang transport sebesar Rp100 ribu.

Secara keseluruhan, pihaknya telah mendistribusikan zakat tahap I tahun 2017 sebesar Rp797.900.000. Pendistribusian  kepada fakir miskin (duafa), bantuan beasiswa miskin berprestasi, enam panti asuhan se-Kota Singkawang dan bedah rumah sebanyak 11 unit.

"Kemudian bantuan modal usaha berupa pembuatan gerobak dorong (tempat penjualan), rumah tahfiz, sunatan massal bagi anak orangtua tidak mampu, juga memberikan bantuan kepada orang sakit kanker, dan membantu orang yang dililit hutang yang dikarenakan tidak ada tempat tinggal karena kontraknya habis," ujarnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan sudah sesuai dengan misi Baznas Singkawang. Pertama, meningkatkan kesadaran berzakat, infaq dan sadaqah. Kedua, meningkatkan sistem manajemen modern yang profesional. Ketiga, meningkatkan tata kelola zakat yang akuntabel. "Keempat, meningkatkan peran Baznas Kota Singkawang dalam menanggulangi kemiskinan dan kemasyarakatan umat di Kota Singkawang," jelasnya.

Sementara itu, staf Ahli Wali Kota Singkawang Bidang Kemasyarakatan dan SDM Agus Prayitno mengatakan penyaluran zakat yang dilakukan Baznas Singkawang diharapkan tepat sasaran dan tepat manfaat. "Penyaluran zakat yang dilakukan Baznas Singkawang diharapkan tepat sasaran dan tepat manfaat," katanya.mcsingkawang/fj