Percepat Investasi, Kementerian ESDM Terapkan Layanan Perizinan Online

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Selasa, 20 Februari 2018 | 17:57 WIB - Redaktur: Noor Yanto - 278


Surabaya, InfoPublik - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral  (ESDM) menerapkan aplikasi sistem pelayanan perizinan online kegiatan usaha hilir migas, sebagai salah satu strategi untuk mendorong investasi. Dalam akun Twitter resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) @KementerianESDM, Selasa (20/2/2018), disebut aplikasi perizinan online kegiatan usaha hilir migas bisa mengakomodir empat kebutuhan perizinan.

Keempat perizinan itu yakni, izin usaha pengolahan migas, izin usaha penyimpanan migas, izin usaha pengangkutan migas, dan izin usaha niaga migas. Keseluruhan aplikasi sistem pelayanan perizinan online ini diimplementasikan berdasarkan peraturan menteri ESDM nomor 29 tahun 2017.

Proses izin online untuk kegiatan usaha hilir migas itu, disebut bisa selesai dalam 15 hari. Aplikasi sistem pelayanan perizinan online kegiatan usaha hilir migas, juga memastikan proses bisa dilakukan dengan ramah lingkungan, yakni tidak boros kertas. Selain itu, izin online itu juga gratis atau tanpa biaya sama sekali serta bisa dipantau secara online di mana dan kapan pun.

Bagi badan usaha yang mau mengajukan izin kegiatan usaha hilir migas tinggal klik perizinanmigas.esdm.go.id. Jika ingin mempelajari perizinan online untuk hilir migas, bisa klik perizinanmigas.esdm.go.id/bantuan.

Sebelumnya, kementerian ESDM juga sudah melakukan penyederhanaan beberapa peraturan pada subsektor migas demi membuat daya tarik investasi di Indonesia semakin tinggi. Kementerian ESDM telah menyederhanakan 21 aturan untuk subsektor migas dalam dua pekan terakhir. Pada awal Februari 2018, Kementerian ESDM mencabut 11 aturan subsektor migas yang sudah dianggap tidak relevan dan sudah digantikan dengan aturan lebih baru.

Lalu, seminggu kemudian, Kementerian ESDM kembali menyederhankan peraturan dari 10 aturan menjadi 7 aturan. Adapun kementerian ESDM menyederhanakan 10 aturan subsektor migas itu mencakup sektor hulu maupun hilir. (MC Diskominfo prov Jatim/non-hjr/Noor)