Menteri Susi Dapat Penghargaan Herman Johannes Award Dari UGM

:


Oleh Baheramsyah, Selasa, 20 Februari 2018 | 17:45 WIB - Redaktur: Juli - 755


Jakarta, InfoPublik – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendapat penghargaan Herman Johannes Award dari Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (FT-UGM) di Kampus UGM Yogyakarta, Selasa (20/2). Pemberian penghargaan tersebut karena Menteri Susi dinilai sebagai sosok Menteri yang memiliki dedikasi tinggi dalam bidang kelautan dan perikanan

Menteri Susi dalam orasi ilmiahnya mengungkap, award tersebut merupakan sebuah penyemangat bekerja bagi dia paling tidak dalam 1,5 tahun ke depan disisa jabatan sebagai menteri. Pasalnya, menurut Susi Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan rumah dalam bidang kelautan termasuk di dalamnya perikanan.

“Saya mengingatkan peraturan sudah dibuat dan kewajiban kita semua untuk menjaga laut kita agar ikan tak lagi diambil orang lain. Saya heran menenggelamkan kapal masih ditanya perasaan orang yang punya kapal, saya bilang bodo amat saya tidak kenal. Mengapa tak dipikirkan nasib orang Indonesia di pulau yang ikannya habis diambil orang, logika seperti ini yang harus disingkirkan,” ungkapnya.

Susi juga menyatakan bahwa pemerintah khsusnya KKP membutuhkan dukungan akademisi dalam menjaga peraturan yang telah ditetapkan pemerintah melalui Peraturan Presiden nomor 44 tahun 2016 tentang perikanan. “Pemerintah butuh dukungan akademisi untuk memastikan policy ini berjalan. Agar bangsa kita sebagai bangsa bahari poros maritim dunia tak hanya jadi slogan saja, potensi laut kita banyak dan mahal jadi harus benar-benar bisa dimanfaatkan. Kita berteriak bangsa bahari tapi kalau nangkap ikan saja panggil kapal asing, nelayan asing maka nothing, ini harus jadi punya kita Indonesia,” pungkasnya.

Sementara Dekan FT UGM Prof Ir Nizam MSc mengatakan penghargaan Herman Johannes merupakan anugerah tertinggi Fakultas Teknik UGM di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Menurut dia, penghargaan tersebut dimulai diberikan sejak 2003 oleh Ketua Umum Katgama Airlangga Hartanto untuk dedikasi tak terbantahkan yang dibuat putra-putri terbaik Indonesia.

“Kami berharap, Ibu Susi dan penerima lainnya bisa terus menginspirasi bangsa dengan karya karya luar biasa ke depan. Dedikasi beliau di bidang kelautan selama ini sangat luar biasa bagi bangsa,” ungkapnya.