Pjs Bupati: Ciptakan Pilkada Kapuas Yang Damai

:


Oleh MC Kabupaten Kapuas, Senin, 26 Februari 2018 | 13:45 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 224


Kuala Kapuas, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menggelar Panel Dialog Umat Beragama sebagai salah satu upaya membuka ruang komunikasi antar elemen untuk menciptakan suasana wilayah yang aman dan tenteram, khususnya jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

“Jangan karena adanya hasutan dari oknum yang tidak bertanggungjawab kita bertikai. Untuk itu melalui dialog panel umat beragama ini marilah kita ciptakan Pilkada Kapuas yang damai, pilihlah Bupati dan Wakil Bupati Kapuas terbaik menurut bapak dan ibu,” ujar Pjs. Bupati Kapuas, Emal Subhan saat membuka kegiatan, Senin (19/2) di Kuala Kapuas.

Dikatakannya bahwa memasuki rangkaian pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, menjadi rangkaian dari pesta demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, maka itu tak perlu saling menjatuhkan apalagi sampai memecah belah masyarakat sehingga saling benci dan bermusuhan hanya karena berbeda partai, berbeda dukungan.

Maka dari itu, tambahnya, Kabupaten Kapuas harus terus dibangun agar kehidupan masyarakat semakin maju, mandiri dan sejahtera.

Ia mengucapkan selamat atas pelaksanaan Dialog Panel Umat Beragama yang digagas oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, sebagai salah satu upaya untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa yang bergerak sangat dinamis.

Sementara itu saat yang sama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H Masrawan menekankan untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat, maka setiap aturan yang dibuat oleh pemerintah harus ditaati.

“Jangan sampai kita selaku aparatur pemuka agama malah membuat isu yang tidak pas dan mengandung sara. Senang atau tidak senang, suka atau tidak suka peraturan pemerintah harus kita taati. Kalau kita tidak suka mari kita sama-sama mohon kepada DPR untuk direvisi,”terangnya.

Senada dengan Masrawan, Kepala Kemenag Kapuas H Ahmad Bahruni mengatakan peran tokoh agama sangat strategis dalam membangun kebersamaan di Kabupaten Kapuas yang tujuannya menghasilkan suatu kesejukan, kedamaian dan keamanan dalam masyarakat yang sebelumnya sudah kondusif.

"Mudah - mudahan dalam langkah pertemuan ini, kita mantapkan lagi Kabupaten Kapuas dalam persatuan dan kesatuan yang lebih aman dan kondusif lagi," ucapnya.

Acara yang dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kapuas itu dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Algrin Gasan, Forkopimda Kabupaten Kapuas, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Kapuas, Ketua Pengadilan Agama Kapuas, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalteng, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas, Tokoh Agama, Alim Ulama, dan para undangan. (hmskominfo/TR)