Kanpel Revitalisasi Pelabuhan Makobar

:


Oleh MC Kota Batam, Selasa, 20 Februari 2018 | 08:31 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Batam, InfoPublik – Dalam rangka mendukung kegiatan industri di Kota Batam, Kantor Pelabuhan (Kanpel) BP Batam akan merevitalisasi pelabuhan logistik Makobar yang terletak di sebelah utara Pelabuhan Batuampar.

"Batam harus punya satu enter logistik untuk mensuport industri. Kita coba optimalkan yang di Macgobar, akan kita average dan meningkatkan kapasitas logistik juga infrastrukturnya," ujar Kepala Kanpel BP Batam, Nasrul Amri Latif, Senin (19/2).

Menurutnya, kondisi Pelabuhan Makobar sekarang kurang memadai sehingga perlu dilakukan pengembangan, dengan cara perbaikan kontruksi. Tujuannya agar kapal-kapal berukuran besar seperi LCT dan Panama bisa bersandar di sana.

"Jadi hari ini kalau kita menekan biaya logistik dari Indonesia ke Singapura ya kita naikkan skala ekonominya, paling tidak kapal jenis Panama bisa bersandar di Batam," sampainya.

Keinginan Kanpel BP Batam merevitalisasi Pelabuhan Makobar diperkuat dengan kejadian beberapa waktu lalu, dimana kapal pengangkut granit dan material bangunan dari Tanjungpinang, hampir tenggelam di perairan Kabil. Tugboat dan tongkang yang diangkutnya terpisah akibat ombak tinggi.

"Keunggulan pelabuhan Makobar sendiri terletak di teluk jadi lebih aman, jadi tidak ada goncangan ombak yang signifikan, kalau ditempat lain goncangannya lumayan tinggi," sampai Nasrul.

Sebenarnya fungsi utama dibangunnya Pelabuhan Makobar memang untuk tempat bongkar muat barang, hanya saja belum layak digunakan sebagai tempat bersandar kapal-kapal besar. Maka itu akan dijadikan sebagai pelabuhan spesial.

Menurut Nasrul, dalam pengembangan Pelabuhan Makobar tinggal proses perataan serta penambahan infrastruktur, sedangkan dari sisi anggaran diperkirakan akan menghabiskan Rp2 miliar sampai Rp3 Miliar. Ditergetkan akan rampung pengerjaan pada tahun 2018 akhir. (HK/Kus)