Mencetak Penghafal Al Quran, Masjid Agung Programkan Karantina Tahfiz

:


Oleh Prov. Riau, Selasa, 20 Februari 2018 | 07:55 WIB - Redaktur: Kusnadi - 427


Rokan Hulu, InfoPublik – Pengurus Masjid Agung Islamic Centre Pasir Pangaraian bersama SMP Tahfiz memprogramkan Rokan Hulu (Rohul) menghafal Al Quran, yang dilaksanakan setiap Sabtu malam hingga Minggu pagi. Kini sudah sekitar 500 peserta yang ikut,  seluruhnya pelajar dari tingkat Sekolah Dasar (SD).

Kegiatan yang sudah dilaksanakan sejak dua bulan, diakui Humas Masjid Agung Islamic Centre Pasir Pangarain, Husni Budiman, Senin (19/2), untuk mendidik anak Rohul khususnya pelajar tingkat SD agar mereka bisa menjadi penghafal Al Quran (Tahfiz Quran).

“Guna mencetak anak Rohul yang hafal Al Quran, Masjid Agung memprogramkan karantina Tahfiz. Dimana pesertanya dari pelajar tingkat SD di Rohul, dan digratiskan tanpa pungutan biaya. Kini sekitar 500 pelajar SD yang ikuti karantina Tahfiz, langsung dibina guru-guru SMP Tahfiz bersama murid SMP Tahfiz Masjid Agung Islamic Centre,” ungkap Husni Budiman,

Selain diajarkan langsung cara menghafal Al Quran, kata Husni Budiman lagi, para pelajar yang ikut karantina Hafiz juga mengikuti pelaksanaan Shalat Magrib dan Isha, dilanjutkan menghafal Al Quran hingga malam hari. Kemudian tengah malamnya, pelajar melaksanakan Shalat Tahajud, dan seluruh pelajar menginap di Masjid Agung di tempat yang sudah disiapkan.

“Para pelajar kemudian menyetorkan hafalan ayat Al Quran yang sudah mereka kuasai ke guru pembina, lalu pada pagi harinya menunaikan ibadah Shalat Subuh berjemaah, kemudian keluar karantina pukul 08.00 Wib. Para pelajar yang dikarantina, mereka diajarkan menghafal Al Quran yang mudah, sekaligus melaksanakan ibadah lainnya,” ucap  Husni.

Kegiatan Karantina Hafiz Quran sendiri sebut Husni, sebagai promosi SMP Tahfiz yang sudah berdiri sejak tahun 2013. Keberadaannya, di bawah binaan langsung pengurus Masjid Agung Islamic Centre Pasir Pangaraian. Sehingga diharapkan, Masjid Agung selain megah dan jadi ikon Negeri Seribu Suluk, juga berfungsi memberikan pendidikan agama ke anak, baik terkait bacaan Al Quran maupun ibadah lainnya.

“Bagi pelajar yang dianggap mampu menghafal Quran, mereka nantinya bisa langsung masuk sebagai pelajar SMP Tahfiz usai tamat SD bila mereka mau bersekolah di sana. Karena, SMP Tahfiz yang sudah menamatkan 1 angkatan setiap tahunnya melakukan seleksi penerimaan murid baru,”

“Karena target kedepannya, bagaimana mereka yang bersekolah di SMP Tahfiz bisa menjadi penghafal Al Quran, dalam upaya untuk membumikan dan menyiarkan Al Quran sebagai kitab Suci umat Islam,” harap Budiman.(MC Riau /sal/Kus)