Awan Panas Sinabung Terpantau di Kawasan Kosong

:


Oleh Wawan Budiyanto, Senin, 19 Februari 2018 | 23:54 WIB - Redaktur: Juli - 450


Jakarta, InfoPublik - Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan, terjadi erupsi eksplosif dengan tinggi kolom letusan mencapai 5000 meter dari atas puncak Gunung Sinabung di Sumatera Utara.

Meski hingga kini belum ada informasi korban akibat erupsi Gunung Sinabung, pengecekan ke lapangan untuk mengetahui dampak dari erupsi tersebut masih dilakukan oleh Tim Tanggap Darurat ESDM.

Mengikuti letusan tersebut, terjadi awan panas letusan yang diikuti oleh rentetan awan panas guguran sebanyak 10 kejadian dengan jarak luncur mencapai 4,9 km ke arah sektor selatan-tenggara dan 3,5 km ke arah timur-tenggara. Durasi awan panas guguran yang terpendek 195 detik dan yang terpanjang mencapai 792 detik.

"Dampak dari awan panas guguran ini terpantau masih berada dalam kawasan yang direkomendasikan dikosongkan oleh PVMBG," kata Kepala PVMBG Kasbani sebagaimana keterangan Kementerian ESDM, Senin (19/2).

Kasbani menjelaskan, sebaran abu vulkanik menuju ke arah selatan-baratdaya. Daerah terdampak hujan abu / pasir sampai dengan pukul 12:00 WIB adalah Desa Tiganderket, Desa Selandi Lama, Desa Selandi Baru, Desa Perbaji, dan Desa Payung sampai Munte, dan sektor timur Kecamatan Kutarayat.

Peningkatan kegempaan Gunung Sinabung telah teramati sejak 17 Februari 2018, dengan terekamnya gempa Vulkanik (VA dan VB) sebanyak 17 kejadian, gempa Low Frekuensi (LF) 17 kejadian, gempa Vulkanik Hybrid 1 kejadian, dan gempa Guguran 9 kejadian. Pada 18 Februari 2018, kegempaan semakin meningkat, terutama jenis gempa Vulkanik Dalam (VA) yang mencapai 49 kejadian dan gempa Guguran 29 kejadian. 

Pada 19 Februari 2018 hingga pukul 00.00 s.d 06.00 WIB terekam gempa Vulkanik (VA) 30 kejadian dan 19 kejadian gempa Guguran. Kasbani menyatakan, saat ini koordinasi di lapangan secara langsung terus dilakukan di Pos PGA Sinabung dengan Bupati Karo, BPBD Kab Karo, KaPolres Karo, Dandim Karo, Camat Simpang Empat, Camat Tiganderket, Camat Kutarayat, Dinas Pendidikan & Kebudayan Kab Karo, serta PMI Kab. Karo.