Bupati Agam Salurkan Bantuan Untuk Pedagang Yang Kiosnya Terbakar

:


Oleh MC Kab Agam, Senin, 19 Februari 2018 | 19:13 WIB - Redaktur: Tobari - 311


Agam, InfoPublik - Bupati Agam H. Indra Catri Dt Malako Nan Putiah menyalurkan bantuan kepada pedagang yang tengah menghadapi musibah kebakaran pasar, bahkan 28 kios hangus dalam peristiwa itu, yang merupakan tempat mereka mencari rezeki.

"Bantuan yang kita serahkan sebesar Rp20 juta, kepada 20 orang pedagang yang menjadi korban," ujar Indra Catri, saat menyerahkan bantuan kepada pedagang, Minggu (18/2).

Bupati mengaku prihatin atas musibah kebakaran yang menimpa pedagang, apalagi kejadian itu telah menghanguskan tempat pedagang mengais rezeki untuk menutupi kebutuhan keluarganya, dan itu perlu dikaji lebih cepat agar pedagang bisa kembali berjualan dipasar tersebut.

"Kita memberi kesempatan kepada wali nagari, dan camat untuk merembukkan hal itu, guna menyepakati bagaimana baiknya pasar itu," ujar bupati.

Bupati menegaskan, agar camat membuat bedeng di pinggir jalan yang berada depan pasar tersebut, agar bisa menampung pedagang untuk berjualan sementara, hingga pasar bisa difungsikan. "Meskipun kios terbakar, tetapi pedagang harus tetap berjualan," ujar bupati pula.

Sementara itu, Kepala Disperindagkop UKM Agam Aryati menyebutkan, tahun 2019 pihaknya sudah mengusulkan pembangunan pasar tersebut, seiring dengan Gelora Palembayan yang dicanangkan Bupati Agam.

"Namun, untuk 2018 kita belum punya anggaran untuk pembangunan pasar itu, tetapi nagari ada memiliki anggaran sekitar Rp10 juta, dan kita coba berkoordinasi dengan wali nagari dan camat bagaimana baiknya," ujar Aryati.

Dikatakannya, kalau pasar itu dibangun, menurut planing Bupati Agam, minimal dibangun dua los besar, agar pasar lebih tertata dengan baik.

Lebih lanjut, salah seorang warga Nagari Ampek Koto menyebutkan, sampai saat ini penyebab kebakaran belum diketahui, dan masih dalam penyelidikan pihak terkait. Sedangkan kerugian mencapai Rp1,3 miliar.

Peninjauan lokasi kebakaran, Bupati Agam didampingi Ketua TP-PKK Agam Ny. Vita Indra Catri, Kepala Dinas Sosial Agam Kurniawan Syahputra, Kepala Satpol PP dan Damkar Agam Dandi Pribadi, Kepala Kesbangpol Agam Yunilson, Camat Palembayan Ridwan, dan lainnya. (mcagam/toeb)