Pemko Batam tetap Desain Ulang Pasar Induk Jodoh

:


Oleh MC Kota Batam, Senin, 19 Februari 2018 | 16:17 WIB - Redaktur: Noor Yanto - 288


MC Batam, InfoPublik – Pemerintah Kota (Pemko) Batam belum resmi memiliki Pasar induk Jodoh, namun pemko Batam berencana untuk mendesain ulang bangunan pasar yang mangkrak itu. Gedung berlantai 3 ini rencananya akan dibangun ulang menjadi lima lantai.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, Zarefriadi mengatakan tahap awal desain bangunan tengah dirancang. Namun sesuai dengan rencana bangunan pasar induk itu akan dibongkar habis, kemudian dibangun ulang menjadi lima lantai.

“Kemungkinan lima lantai, dan di sana akan dibagi menjadi 2000 los,” terang Zaref.

Menurut dia, bangunan itu nantinya juga akan dilengkapi lift. Hal itu diperlukan karena banyaknya lantai yang tak mungkin dinaiki pakai tangga atau ekskalator.

“Sesuai perkembangan zaman, gunakan lift. Kalau tak pakai lift pasti orang malas ke atas. Lalu untuk angkut barang pedagang,” jelas Zaref.

Kenapa nekat mendesain bangunan, sementara status kepemilikan belum jelas, menurut Zaref agar lebih mudah nantinya. Sebab proses status lahan sedang menunggu persetujuan Presiden.

“Insyallah disetujui, makanya kami nekat mendesain. Proses masih di Presiden dan itu yang sedang kami tunggu,” imbuh Zaref.

Bahkan ia tak menampik jika kondisi pasar Jodoh masih semrawut. Dimana salah satu jalan untuk mengatasi kesemrawutan adalah pembangunan Pasar Induk Jodoh.

“Untuk memindahkan PKL5 itu harus ada tempat. Nah tempatnya itu pasar Induk, sementara pembangunan pasar induk belum bisa dilaksanakan karena status masih proses,” pungkas Zaref. (BP/Noor)