Gubernur DKI Resmikan Penggunaan Kantor Kelurahan Petojo Selatan dan Gambir

:


Oleh G. Suranto, Senin, 19 Februari 2018 | 12:15 WIB - Redaktur: Juli - 848


Jakarta, InfoPublik - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan penggunaan Kantor Kelurahan Petojo Selatan dan Gambir, Jakarta Pusat, Senin (19/2).

Anies berpesan kepada aparatur kelurahan untuk memberikan pelayanan secara profesional, bersikap adil, dan berorientasi pada penyelesaian masalah, sehingga dapat menjadi contoh bagi kelurahan yang lainnya.

“Kalau kemarin pagarnya tinggi, sekarang tanpa pagar, tanpa jarak dengan warga sekitarnya. Seharusnya pemerintah seperti ini, dekat dengan rakyat, saling interaktif,” ujarnya saat meresmikan dua kantor kelurahan tersebut.

Menurutnya, kantor kelurahan ini sebagai wadah yang menentukan warga dapat solusi atau tidak. “Itu bukan sejuknya AC yang membuat warga merasa bahagia atau tidak. Itu bukan penerangan lampunya, bukan jenis meja dan kursinya. Warga itu tidak selalu menanyakan betapa sejuk AC nya, tapi yang terkesan adalah interaksi dengan aparat yang berada di kantor ini,” paparnya.

Oleh karena itu, kata dia, aparat di kelurahan ini harus bersikap profesional, bersikap adil, dan berorientansi pada penyelesaian masalah, bukan berorientasi sekedar melayani, sekedar mengikuti SOP atau semua standar lain, tapi kuncinya adalah menyelesaikan masalah.

“Jadi kalau orientasinya menyelesaikan masalah, kalau ada orang datang, aparat bukan sekedar menjawab pertanyaannya, tapi aparat menyelesaikan masalahnya, karena belum tentu orang yang tanya itu sesuai dengan masalahnya. Warga itu kalau tanya belum tentu sama, mengurus apa yang ditanya yang lain, maka tanyakan butuh apa selesaikan masalahnya, dan berorientasi pada memudahkan," pesan Anies.

Dia mengatakan, kantor ini untuk mempermudah masyarakat. “Kita sudah sering baca itu, kalau bisa dipersulit kenapa dipermudah, sering kita dengar kata-kata itu. Sekarang kita balik, kalau bisa dipermudah kenapa dipersulit, dan izinkan tempat atau kantor baru ini untuk mempermudah masyarakat kita di Jakarta,” paparnya.

Ia menambahkan, kalau seseorang dilayani sampai selesai permasalahannya, maka dia akan pulang dengan perasaan bersyukur. “Nah kantor ini gedungnya baru, saya ingin semua orang yang datang di kantor ini, pulang dengan perasaan untung saya datang di kantor ini, masalah saya terselesaikan dengan baik,” ungkapnya.