Persija Juara Piala Presiden 2018 Kalahkan Bali United 3-0

:


Oleh Astra Desita, Minggu, 18 Februari 2018 | 05:23 WIB - Redaktur: Juli - 1K


Jakarta, InfoPublik - Persija Jakarta berhasil meraih trofi Piala Presiden 2018. Macan Kemayoran mengandaskan Bali United 3-0 di partai final. Dalam pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (17/2) malam WIB, Persija membuat Bali United tak berkutik.

Marko Simic dan Andritany Ardhiyasa tampil cemerlang dalam laga itu. Simic membuat Persija unggul dua gol di babak pertama. Satu gol lain dicetak oleh Novri Setiawan. Andritany membuat sejumlah penyelamatan penting dalam laga itu.

Jalannya pertandingan Persija yang bermain di bawah dukungan ribuan The Jakmania yang memenuhi SUGBK, langsung tampil agresif. Setelah berulang kali menyerang, gawang Persija sempat mendapatkan ancaman di menit ketujuh.

Tembakan I Made Andhika tepat ke arah gawang Persija. Beruntung bagi Macan Kemayoran, Andritany berhasil untuk mencegahnya. Serangan demi serangan dibangun oleh persija yang mengandalkan umpan silang kepada Simic. Upaya Persija membuahkan hasil dengan mencetak gol pada menit ke-21 lewat tandukan Simic.

Gol bermula dari bola mati yang diberikan kepada Persija setelah Novri Setiawan mendapatkan tekel keras dari Andhika. Rezaldi yang mengambil bola dan diarahkan kepada Simic. Pemain Kroasia itu menyambarnya dengan tandukan dan mengarahkan tepat ke gawang Bali United. Gol untuk Persija. Kedudukan 1-0 untuk keunggulan Macan Kemayoran.

Pertandingan sempat dihentikan setelah Sandi Sute jatuh kesakitan di tengah lapangan. Setelah berkomunikasi dengan wasit, Sandi Sute dan Demerson Bruno, yang melanggarnya, berjabat tangan. Pertandingan pun diteruskan. Menit ke-38 tendangan jarak jauh Fadil tepat mengarah ke gawang persija. Beruntung bagi Persija, Andritany berhasil mengantisipasinya.

Simic berhasil menggandakan keunggulan Persija pada injury time. Simic membuat gol lewat tendangan salto setelah mendapatkan umpan tarik dari Rohit Chand. Persija menutup babak pertama dengan unggul 2-0 atas Bali United.

Memasuki babak kedua, Persija dan Bali United tak menurunkan tensi pertandingan. Persija mendapatkan serangan bertubi-tubi dari Bali United, tapi berhasil dinetralkan duet Jemerson da Silva Xavier dan Maman Abdurrahman.

Andritany kembali membuat penyelamatan penting. Dia menggagalkan tendangan bebas Fadhil Sausu di menit ke-53. Pelatih Bali United, Aji Santoso, membuat perubahan susunan pemain.

Dia menarik keluar M. Taufik dan Yabes Roni serta memasukkan Hamdi dan Irfan Bachdim pada menit ke-62. Pergantian pemain di kubu Bali United itu direspons oleh Persija dengan mencetak gol ketiga. Bermula dari kegagalan bek Bali United, bola pun mengarah kepada Rohit Chand dan langsung diarahkan kepada Novri. Tak menyiakan kesempatan, Novri mengarahkan ke gawang Bali United dan berhasil tercipta gol pada menit ke-63. Persija pun unggul 3-0.

Simic nyaris kembali mencetak gol pada menit ke-81. Tapi, Simic terkena offside. Saat pertandingan tersisa lima menit, Simic ditarik keluar lapangan. Dia diganti oleh Bambang Pamungkas. Tak ada perubahan skor hingga wasit meniup peluit panjang. Persija menang 3-0 atas Bali United dan memastikan diri sebagai juara Piala Presiden 2018.

Susunan Pemain Persija: Andritany, Ismed Sofyan, Maman Abdul Rahman, Jaimerson Da Silva, Rezaldi Hehanusa, Rohit Chand, Sandi Sutte, Ramdani Lestaluhu, Riko Simanjuntak, Marko Simic, Novri Setiawan Bali United: Wawan Hendrawan, I Made Andhika, Demerson Costa, Ahn Byung-keon, Ricky Fajrin, Fadil Sausu, M. Taufiq, Nick van der Veldes, Yabes Roni, Ilija Spasojevic, Stefano Lilipaly.