Delapan Wasit Berlisensi FIFA akan Pimpin Final Piala Presiden 2018

:


Oleh Astra Desita, Sabtu, 17 Februari 2018 | 18:05 WIB - Redaktur: Juli - 186


Jakarta, InfoPublik - Dua laga final Piala Presiden 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (17/2) akan dipimpin delapan wasit asal Indonesia berlisesnsi FIFA.

Dua laga yang dimaksud adalah partai perebutan tempat ketiga antara PSMS Medan kontra Sriwijaya FC serta perebutan juara antara Persija Jakarta kontra Bali United.

Karena itu, agar menjaga kualitas pertandingan tetap berada dalam level terbaik dan mencegah terjadinya kritik terhadap wasit yang digunakan oleh penyelenggara, Organizing Committee (OC) Piala Presiden 2018, standar calon pengadil pertandingan pun diterapkan.

Match Coordination Meeting (MCM) laga final dan perebutan tempat ketiga, telah menyepakati untuk memastikan hanya delapan perangkat pertandinganyag semuanya berlisensi FIFA, yang akan memimpin laga.

Rinciannya, ada empat wasit berlisensi FIFA yang akan disiapkan untuk menjadi pengadil di tengah lapangan laga perebutan tempat ketiga dan final Piala Presiden 2018. Mereka antara lain Thoriq Alkatiri, Yudi Nur Cahyo, Oki Dwi Putra, Mustafa Umarella.

Di sisi lain, juga ada empat asisten wasit berlisensi FIFA yang akan mendampingi wasit tengah berlisensi FIFA tersebut. Keempatnya adalah Benny Andriko, Bangbang Syamsudar, Dinan Lazuardi, dan Nur Hadi.

"Kami berusaha secara maksimal untuk mendapatkan pengadil yang berkualitas. Ini kami lakukan, untuk mendukung aspek fair play, prestasi, dan transparan yang telah ditunjukkan pada semua aspek. Kami ingin perangkat pertandingan benar-benar tepat, berkualitas, dan bisa menjadi wasit yang bagus di atas lapangan," tegas Berlinton Siahaan, Ketua OC Piala Presiden.

Sementara itu anggota OC Bidang Kompetisi Tigorshalom Bo RTboy mengatakan bahwa penentuan siapa wasit yang akan memimpin laga final Piala Presiden dilakukan hanya beberapa jam sebelum Kick-Off.