Lebak Banten Diguncang Gempa

:


Oleh Wawan Budiyanto, Jumat, 16 Februari 2018 | 17:21 WIB - Redaktur: Juli - 472


Jakarta, InfoPublik - Gempabumi tektonik berkekuatan M=5.0 mengguncang wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa Barat dan Banten, pada Jumat (16/2) sekitar pukul 12.13.04 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=5.0 terswbut terjadi dengan koordinat episenter pada 7,74 LS dan 106,00 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 133 km Barat Daya Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada kedalaman 24 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG M Riyadi mengatakan, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan masyarakat menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di daerah Bayah dan Cikotok dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III-IV MMI), Sukabumi dan Bandung dengan intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI).

"Hingga saat ini belum ada informasi adanya kerusakan. Gempabumi selatan Lebak Banten ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi berkedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia," katanya dalam keterangan yang diterima InfoPublik.

Hal tersebut sesuai dengan hasil mekanisme sumber dengan arah pergerakan mendatar-naik (oblique thrust fault). Hingga pukul 13.00 WIB belum ada aktivitas gempabumi susulan. Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Lebak diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.