Perayaan Imlek, Petugas Dinsos DKI Lakukan Pengawasan di Vihara

:


Oleh G. Suranto, Jumat, 16 Februari 2018 | 17:13 WIB - Redaktur: Juli - 441


Jakarta, InfoPublik – Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Dinas Sosial DKI Jakarta yang berada di lima wilayah kota melakukan penjagaan saat perayaan Imlek di beberapa Vihara di DKI Jakarta.

Penjagaan tersebut untuk mencegah maraknya Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) jalanan yang mengganggu kenyamanan warga dalam merayakan Imlek.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta Chaidir mengatakan, upaya pengawasan itu untuk mengantisipasi adanya PMKS jalanan yang tidak tertib hingga meminta-minta kepada warga.

“Karena sudah menjadi budaya sejak lama pengelola Vihara biasanya memberikan sembako atau angpao kepada warga sekitar, sehingga banyak warga yang datang ke Vihara untuk mendapatkan peruntungan,” kata Chaidir di Jakarta, Jumat (16/2).

Disebutkan, petugas tidak melakukan penjangkauan, mereka hanya memastikan agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti berdesak-desakan yang menyebabkan timbulnya korban. “Petugas P3S mengedukasi para pengejar angpao agar tidak berebutan mereka harus antri dan tertib,” tandasnya.

Selain itu, saat melakukan penjagaan, Petugas P3S berkolaborasi dengan aparat keamanan lainnya, seperti Kepolisian, TNI, Satpol PP, dan satuan pengamanan Vihara.

Ia menambahkan, selama perayaan Imlek, Petugas P3S yang berada di Suku Dinas Sosial lima wilayah kota administrasi DKI Jakarta melakukan pengawasan di beberapa Vihara, di antaranya Vihara Bio Hok Tek Tjeng Sin di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Klenteng Petak 9 Glodok, Jakarta Barat hingga Vihara Avalo Kitesvera Vipassana di Graha Sunter Jaya, Jakarta Utara.

“Petugas ikut berpartisipasi dalam pengawasan perayaan Imlek agar para jemaah yang beribadah di Vihara bisa merasa aman dan nyaman. Jemaah bisa khusyuk dalam menjalankan ritual ibadahnya,” ungkapnya.