Pelajar Kabupaten Sergai Lakukan Gerappah

:


Oleh dishubkominfo kab serdang bedagai, Jumat, 16 Februari 2018 | 11:28 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 413


Serdang Bedagai, InfoPublik –  Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Provinsi Sumatera Utara Ir. H. Soekirman mengajak pelajar dan unsur pendidik di Kabupaten Serdang dalam peduli kebersihan dan lingkungan pada Gerakan Pelajar Peduli Sampah (Gerappah) Tahun 2018.

Peluncuran gerakan dilakukan pada apel bersama di Lapangan Segitiga Kecamatan Perbaungan pada Rabu (14/2). Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Bupati Sergai.

Bupati Soekirman memberikan apresiasi kepada jajaran Dinas Pendidikan Sergai dan seruan semangat untuk para pelajar yang telah menjadi pelopor kebersihan di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

"Hari ini kita akan mempraktekkan prinsip 3 R yaitu Reuse, Reduce dan Recycle atau diterjemahkan dengan memakai kembali, mengurangi dan mendaur ulang sampah- sampah yang ada yaitu plastik, kaca dan kaleng," kata Bupati.

Dikatakan Bupati Soekirman untuk sampah-sampah itu kita gunakan rumus  P+K+K = G, atau plastik, kaca, kaleng kita masukkan kedalam Goni. Selain itu juga rumus B+O = L, atau diartikan Bahan Organik masuk Lubang.

Ditambahkan Bupati bahwa ini adalah dukungan dan bentuk tindakan nyata masyarakat Sergai atas Program Menteri Lingkungan Hidup RI yaitu Tiga Bulan Bebas Sampah (TBSS), selain itu Gerappah adalah salah satu bentuk inovasi menuju Kabupaten Sergai yang bebas sampah dan bersih lingkungan.

Oleh karenanya, Bupati berharap terhadap pola masyarakat dalam mengelola sampah agar tidak banyak membawa plastik-plastik ke rumah, karena secara struktur plastik sulit untuk hancur dan menjadi sampah yang menumpuk.

“Mari kita kembali ke zaman kearifan lokal dahulu saat kita berbelanja membawa keranjang sampah, bukan plastik, serta dihimbau kepada ibu-ibu untuk tidak memakai popok bayi yang tidak ramah lingkungan karena bahan dari popok tersebut sulit untuk dibakar dan dihancurkan disebabkan bahan tersebut mengandung air. Diharapkan dengan kegiatan ini menjadi budaya bagi seluruh pelajar khususnya dan seluruh lapisan masyarakat pada umumnya untuk bersih dan cinta lingkungan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM berterima kasih atas kolaborasi dari OPD yang telah mendukung kegiatan Gerappah Tahun 2018. Kegiatan ini adalah untuk yang kedua kalinya dilaksanakan yang sebelumnya pada 22 Desember 2017 bertempat di lapangan sepak bola Desa Firdaus, Sei Rampah.

Jumlah siswa yang menjadi relawan Gerappah adalah 1.325 siswa yang berasal dari Siswa SMP Negeri dan Swasta se-Sergai. Sedangkan tema dari kegiatan ini adalah “ Saatnya Sampah Menjadi Tempat Yang Ramah” ini bertujuan untuk menanamkan budaya bersih kepada pelajar yang nantinya bisa menularkan kebiasaan tersebut kepada lingkungannya dan pada akhirnya menjadi budaya setelah mereka dewasa nantinya.

Terdapat tujuh rute Gerappah Tahun 2018 yang meliputi Pajak Baru Perbaungan, Pajak Lama Perbaungan, Jalan Lintas Sumatera ke arah Desa Jambur Pulau, Jalan Lintas Sumatera kearah Kota Galuh, Jalan Kabupaten menuju SPBU Kota Galuh, Sungai Baung/Istana serta jalan menuju arah Pantai Cermin.

"Sampah yang terkumpul nantinya akan dipisahkan menjadi sampah organik dan non organik. Kemudian sampah organik akan didaur ulang untuk dijadikan kompos, sedangkan sampah organik akan ditimbang dan dijual untuk hasilnya disumbangkan kepada kaum miskin yang membutuhkan," kata Joni. (MC Sergai/vivi/Vira)