Dispar Tanjungpinang Targetkan 1.200 Orang Wisman Kunjungi FPP

:


Oleh MC Provinsi Kepulauan Riau, Kamis, 15 Februari 2018 | 13:56 WIB - Redaktur: Noor Yanto - 251


Tanjungpinang, InfoPublik - Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang menargetkan jumlah wisman yang mengunjungi Festival Pulau Penyengat (FPP) sekitar 1.200 orang. Kepala Dinas Pariwisata Tanjungpinang Reni Yusneli, di Pulau Penyengat, Selasa, mengatakan, FPP salah satu kegiatan kepariwisataan andalan, yang diharapkan dapat memberi kontribusi yang cukup besar terhadap jumlah wisman yang berkunjung ke Kepri tahun 2018.

"Kegiatan kepariwisataan ini dilaksanakan secara keroyokan. Dispar dan Kemenpar mendukung kegiatan ini," katanya.

Reni merasa optimistis target wisman mengunjungi FPP yang diselenggarakan di Pulau Penyengat pada 14-18 Februari tercapai, mengingat kondisi geografis Tanjungpinang yang bertetangga dengan Singapura dan Malaysia.

"Hubungan pertalian sejarah antara Tanjungpinang, Malaysia dan Singapura untuk sebagai alasan wisman mengunjungi FPP," ucapnya.

Ia mengatakan FPP yang dilaksanakan rutin sejak 2016, diharapkan  dapat mengenang kembali historis pulau yang mungil itu sebagai pulau bersejarah yang pada masa dulu pernah menjadi pusat Kerajaan Melayu dengan segala kekuatannya melawan penjajah Belanda yang ingin menguasai Indonesia.

FPP merupakan upaya untuk menjaga, melestarikan dan mengembangkan kebudayaan melayu yang menjadi identitas  masyarakat melayu di Kepri.

"Mulai tahun 2018  pelaksanaan festival ini disejalankan dengan Hari Jadi Pulau Penyengat yang sudah disepakati antara zuriat (keturunan) raja-raja Kerajaan Melayu Riau - Lingga yang bermukim di Pulau Penyengat bersama Pemerintah  Kota Tanjungpinang," katanya. (MC Tanjung Pinang/Noor)