Danrem Resmikan Koramil Donorojo

:


Oleh Media Centre Kabupaten Jepara, Kamis, 15 Februari 2018 | 12:17 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 1K


Jepara, InfoPublik - Komandan Korem 073/Makutarama Kolonel Inf Joni Pardede meresmikan bangunan kantor Koramil 12/ Donorojo Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah, Rabu, (14/2) pagi.

Hadir dalam kesempatan itu, Dandim 0719 Jepara Letkol Czi Fachrudi Hidayat, Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho, Kajari Jepara Dwianto Prihartono, Kasatpol PP dan Damkar Istono, Asisten I Setda Jepara Abdul Syukur, Rois Syuriah PCNU Jepara KH Ubaidillah Nur Umar dan para pejabat terkait.   

Kegiatan peresmian Koramil Donorojo ini, dibuka dengan tarian tradisional dari Desa Banyumanis, dan aksi puluhan tentara cilik. Kemudian, dilanjutkan dengan pemotongan pita dan penanaman pohon oleh Komandan Korem 073/Makutarama Kolonel Inf Joni Pardede.

Dalam sambutannya, Pardede mengatakan, untuk bisa mendirikan sebuah kantor Koramil di suatu wilayah ini, tidaklah mudah. Tidak cukup hanya dengan lahan, namun juga perlu dukungan dari masyarakat sekitar untuk bisa mendapatkan ijin.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara, yang telah membantu berdirinya kantor Koramil ini, dan merupakan satuan teritorial yang berada di tingkat kecamatan,” kata Pardede.  

Sebelum dibangun kantor Koramil, di wilayah Donorojo ini, sudah ada pos Ramil. Sehingga, koordinasi antara Muspika sudah ada terlebih dulu. “Setelah dioperasionalkan, secara struktur Danramil dan perangkatnya akan segera dilengkapi. Sehingga pelayanan akan lebih efektif,” ungkap Pardede. 

Berdirinya sebuah kantor Koramil ini, kata Pardede, merupakan sebuah indikator kedekatan TNI dan masyarakat. Serta kepedulian pemerintah daerah akan kekuatan pertahanan nasional dari pusat ke daerah. "Ini rumah kita bersama. Dalam sehari harinya adalah rumah masyarakat Donorojo dan sekitarnya. Apapun bisa dilakukan disini, dengan tujuan mewujudkan kesejahteran masyarakat," kata dia. 

Komandan Kodim 0719 Jepara Letkol Czi Fachrudi Hidayat menyampaikan, kantor ini merupakan Koramil ke-12 di Kabupaten Jepara. Masih ada beberapa wilayah/kecamatan yang belum memiliki kantor koramil seperti Kecamatan Kembang, Pakis Aji, Kalinyamatan dan Nalumsari. 

Disampaikan, Koramil ini berdiri di atas lahan yang dihibahkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, melalui RS. Rehatta. Sedangkan dana pembangunan bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Jepara. "Mohon dijaga dan dirawat, untuk masyarakat," kata Fachrudi.

Mewakili Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, Kasatpol PP dan Damkar Istono berharap, bangunan baru atau markas Koramil 12 Donorojo ini mampu meningkatkan kinerja Koramil dalam menjalankan fungsi dan tugas pokoknya serta membantu Pemda khususnya di wilayah tanggung jawabnya di Kecamatan Donorojo. (Diskominfojepara@dian/Elvira).