Palangka Raya, InfoPublik - Para siswa dan siswi SMA dari seluruh Provinsi Kalimantan Tengah berkumpul di SMAN 4 Palangka Raya, Selasa (13/2/2018). Mereka hadir untuk mengikuti kegiatan gelar prestasi Pramuka yang dipimpin Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, Slamet Winaryo.

Mulai hari ini hingga Minggu 18 Februari 2018 nanti mereka akan mengikuti berbagai kegiatan lomba yang diadakan oleh Gugus Depan 047-048 Gajah Mada SMAN 4 Palangka Raya. Acara pembukaan kegiatan gelar prestasi Pramuka (KGPP) seluruh Kalimantan Tengah ini juga dihadiri Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio.

Dalam KGPP ini bakal ada puluhan kegiatan yang akan dilombakan. Di antaranya lomba ketrampilan baris berbaris, lomba pionering, lomba cerdas cermat, lomba paduan suara, lomba cipta baca puisi, lomba pengecatan tugu pramuka, lomba pembuatan tempat sampah, lomba bakti sosial, dan masih banyak lomba lainnya.

Dalam sambutannya mewakili gubernur, Slamet Winarto sangat mengapresiasi kepada Kwarcab Kota Palangka Raya, sehingga SMAN 4 ini bisa melaksanakan KGPP yang diikuti oleh beberapa sekolah. Slamet mengharapkan melalui pendidikan karakter ini, akan menghasilkan generasi muda bangsa yang berkualitas, handal, dan memiliki rasa nasionalisme yang kuat.

Sementara itu, Mofit mengapresiasi Gugus Depan Gajah Mada SMAN 4 Palangka Raya yang telah melaksanakan KGPP. Dia juga menyebut SMAN 4 sangat konsisten melaksanakan kegiatan kepramukaan. Kwarcab akan selalu mengevaluasi Gugus Depan dalam pelaksanaan kegiatan yang bersifat lomba ketrampilan seperti yang dilaksanakan oleh Gugus Depan Gajah Mada ini.

Mofit berharap kegiatan seperti ini betul-betul bisa mendorong dan memberikan inisiasi potensi diri dalam Pramuka meningkatkan ketrampilan. 

"Jangan sampai lomba-lomba yang dilakukan itu jauh dari sasaran, karena itu saya selalu menempatkan DKC dan DKD dalam setiap kegiatannya," tandasnya. (MC. Isen Mulang/Noor)