Pulang Pisau, InfoPublik - Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo didampingi Wakil Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Betang Pulang Pisau dengan tujuan untuk pelestarian kebudayaan dan adat istiadat masyarakat Dayak di Kabupaten Pulang Pisau, Selasa (13/2).

Pusat pelaksanaan acara peletakan batu pertama pembangunan Rumah Betang Pulang Pisau berlokasi di Jalan Bhayangkara Kelurahan Bereng, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau. Acara dihadiri pula oleh Wakil ketua DPRD Kabupaten Pulang Pisau, jajaran kepala SOPD, Damang, Mantir Kecamatan, Mantir Kelurahan/Desa, masyarakat dayak dan unsur undangan lainnya. 

Bupati Pulang Pisau dalam sambutanya mengatakan, pembangunan rumah betang ini termasuk dari pelaksanaan  visi dan misi RPJMD pada periode 2013-2018.

“Semoga di tahun 2019 mendatang pembangunan rumah betang ini terus berlanjut, karena dengan selesainya pembangunan rumah betang ini dapat menjadi tempat masyarakat dayak bisa melestarikan dan mempromosikan budaya seni dan adat istiadat masyarakat di Kabupaten Pulang Pisau,” ujar bupati.    

Disampaikan bupati, dengan terbangunnya rumah adat atau rumah betang ini, akan menjadi simbol pemersatu, simbol peradaban, simbol kebersamaan masyarakat dayak di kalimatan yang diwarisi dari budaya nenek moyang kita terdahulu.

“Harapannya apabila rumah betang tersebut selesai pembangunannya, kedepan benar-benar harus dimanfaatkan sebagai bentuk pelestarian budaya seni dan adat istiadat di Kabupaten Pulang Pisau. Sehingga Kabupaten Pulang Pisau bisa menjadi tuan rumah untuk menyelenggarakan event-event besar festival kebudayaan, adat istiadat dan keagamaan,” ungkap Edy.

Di lain kesempatan Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Pulang Pisau Edwin Mandalla menyampaikan terimakasihnya kepada Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo dan Wakil Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang dapat hadir untuk melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan rumah betang Pulang Pisau.

Edwin menambahkan seperti apa yang disampaikan Bupati Pulang Pisau dalam sambutannya bahwa pembangunan rumah betang ini termasuk bagian dari pelaksanaan pembayaran janji visi misi Bupati Pulang Pisau dan Wakil Bupati Pulang Pisau periode 2013-2018.

“Harapan kami kedepan pembangunan rumah betang di Pulang Pisau ini menjadi pusat pelestarian dan mempromosikan budaya seni, adat istiadat bagi masyarakat dayak di Kabupaten Pulang Pisau dan juga sebagai pusat pelaksanaan festival budaya uskup Kalimantan Tengah serta festival budaya lainnya,” ungkapnya.  

“Sekali lagi kami atas nama lembaga adat baik DAD Kabupaten, DAD Kecamatan, Damang, Mantir Kecamatan dan Mantir Desa/Kelurahan yang ada di 70 Desa di Pulang Pisau demikian juga masyarakat dayak di Kabupaten Pulang Pisau mengucapkan terimakasih atas perhatian dan keseriusan Pemerintah Daerah dalam menuntaskan visi dan misi selama ini mudah-mudahan kedepan kerjasama ini bisa kita tingkatkan,” tutupnya. (MC. Pulang Pisau/Rj/Kus)