Bonebol, InfoPublik - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bone Bolango (Bonebol) kembali melaksanakan sosialisasi Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) di lingkungan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPPD) Kabupaten Bone Bolango, Senin (5/2). 

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bonebol Bambang Dwi Handoko pada kesempatan itu, mengatakan TP4D dibentuk atas dasar Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi. 

Menurutnya, TP4D memiliki tugas dan fungsi untuk mengawal mengamankan dan mendukung keberhasilan pemerintahan dan pembangunan melalui upaya-upaya pencegahan preventif dan persuasif.”Keterlibatan TP4D mulai dari perencanaan sampai dengan selesai program maupun kegiatan,”ujar Kajari Bambang Dwi Handoko.

Dia menambahkan TP4D juga memberikan penerangan hukum di lingkungan instansi pemerintah, terkait materi tentang perencanaan, pelelangan, pelaksanaan pekerjaan, pengawasan pelaksanaan pekerjaan, perizinan, pengadaan barang dan jasa, tertib administrasi dan tertib pengelolaan keuangan negara.

Bambang mengatakan ada keraguan dalam mengeksekusi kegiatan-kegiatan.“Ada keraguan dalam mengeksekusi kegiatan-kegiatan, untuk itu Legal Opinion (LO) dapat dimohon kepada TP4D yang setiap saat bisa membantu,”katanya.

Bambang mengungkapkan legal opinion tidak terbatas pada kasus yang sifatnya menyangkut keuangan, tapi bisa juga yang lain seperti masalah administrasi misalnya, penjatuhan hukuman disiplin kepada ASN. 

Sementara itu, Kepala BKPPD Bone Bolango, Zainal Abdi Ilolu, menyampaikan terima kasih kepada Jajaran Kejaksaan Negeri Bone Bolango khususnya TP4D atas kerjasama yang selama ini terjalin dengan baik telah membuahkan  pelaksanaan program dan kegiatan di BKPPD berjalan dengan baik. 

Pada kesempatan itu, Zainal Abdi Ilolu juga meminta kepada TP4D berkenan kiranya BKPPD bisa melakukan permohonan LO apabila ada masalah-masalah tertentu yang memerlukan pandangan hukum guna akselerasi pelayanan kepegawaian kedepan.

Hal ini pun langsung direspon positif oleh Kajari Bone Bolango."Kami akan segera memberikan pelayanan pada setiap permintaan LO baik itu permintaan  institusional maupun privat. Silahkan diajukan, ada pak Wakil Ketua TP4D, Pak Aditya SH Kasi DATUN Kejari Bone Bolango yang akan menindaklanjuti setiap permintaan LO tersebut,”tutur Kajari Bone Bolango Bambang Dwi Handoko.

Kegiatan sosialisasi TP4D ini, turut dihadiri Asisten III Bidang Administrasi Setda Kabupaten Bone Bolango Syarifudin Uloli dan seluruh ASN serta tenaga kontrak di lingkungan BKPPD Bone Bolango. (MC Bone Bolango/Hms/Kadir/Eyv).