2019, Pemkab Bonebol Tetap Komitmen Turunkan Angka Kemiskinan

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Rabu, 14 Februari 2018 | 12:04 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 293


Bonebol, InfoPublik Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) Ishak Ntoma menyatakan pemerintah daerah pada tahun anggaran 2019 nanti tetap berkomitmen untuk menurunkan angka kemiskinan. Bahkan penurunan angka kemiskinan itu ditargetkan hingga di bawah angka 13 %.

Pernyataan tersebut disampaikan Sekda Bonebol Ishak Ntoma saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Kabila, di Gedung Serbaguna Kantor Camat Kabila, Selasa (13/2).

Olehnya itu, Sekda Bonebol Ishak Ntoma menyarankan agar penentuan prioritas pada Musrenbang harus mengikuti apa yang menjadi kebijakan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. Dengan demikian bisa dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Daerah (RPJMD).

 Sekda menambahkan dalam Musrenbang ini bagaimana kita merencanakan pembangunan yang diusulkan supaya anggarannya turun. Karena hampir dalam setiap Musrenbang kita tidak pernah berpikir bagaimana dalam perencanaan ini kita bisa mendapatkan anggaran.

Pernahkah kita berpikir bagaimana kita secara mandiri mendapatkan dana dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), misalnya dari IMB. Mari kita jujur sudah berapa rumah yang tersertifikasi IMB. Harus diingat bahwa manfaat IMB itu membantu rakyat, misalkan ingin mengajukan kredit di bank pasti mereka akan menanyakan apakah bangunan ini sudah ada IMB.

”Jika belum pihak Bank tidak akan mengindahklan pengajuan kredit tersebut,”ujar Sekda Ishak Ntoma dan mengungkapkan bahwa IMB merupakan bagian dari kewajiban rakyat untuk sama-sama berpartisipasi dalam membangun daerah ini,”tutupnya. (MC Bone Bolango/Hms/Adit-Kadir/Eyv)