Tanjungpinang, InfoPublik - Tahun ini, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau membangun rumah dinas untuk guru yang mengabdi di pulau-pulau terdepan.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kepri Atmadinata, Senin (12/2), mengatakan pembangunan rumah dinas guru dilaksanakan antara lain di Pulau Tambelan, Pulau Midai, Pulau Laut, dan Serasan. "Tidak hanya guru berstatus sebagai ASN yang tinggal di rumah dinas tersebut, melainkan juga guru tidak tetap. Ini upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan guru," ujarnya.

Atmadinata mengemukakan, selama ini masih banyak guru yang tinggal di rumah sewa. Pemerintah ingin mengurangi beban hidup mereka, sehingga dapat fokus meningkatkan kualitas pendidikan di pulau-pulau terdepan. "Biaya kehidupan di pulau-pulau terdepan sudah cukup tinggi sehingga wajar jika tempat tinggal mereka diperhatikan," ujarnya.

Menurut dia, guru-guru yang mengabdi di kawasan perbatasan kebanyakan berasal dari daerah lainnya. Karena itu, rumah dinas sangat dibutuhkan mereka, meski biaya sewan rumah tidak mahal. "Terutama guru yang sudah berkeluarga, pasti membutuhkannya," katanya.(asikk1/eyv)