Painan, InfoPublik - Pemerintah Nagari Kubang, Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan akan terus ditingkatkan dalam program Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat(Pansimas) di daerah itu,Senin, (12/2).

Ketua Badan Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BP SPAM) di Kenagarian Kubang Kecamatan Bayang, Pessel Yuswardi menyampaikan saat ini sebanyak 578 Kepala Keluarga (KK) yang menggunakan Badan Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi ( BP SPAMS) di daerah itu.

Dikatakanya, didalam program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi berbasis masyarakat (Pansimas) di daerah setempat pihaknya banyak menghadapi dengan berbagai tantangan pada awal melaksanakan program Pansimas dari pemerintah tersebut. Namun tatangan itu tidak mengurungkan niatnya dan tetap dikesampingkan.

Karena menurut Yuswardi, penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakat itu tidak lain tujuanya adalah sangat baik bagi masyarakat.

" Pada awalnya disaat melakukan program penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakat, saya banyak menghadapi tantangan. Tapi itu tetap saya kesampingkan, sebab program pansimas dari pemerintah ini sangat bagus dan menguntungkan sekali kepada masyarakat", katanya, Senen (12/2) 

Ia menuturkan, penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakat didaerah itu semula hanya sebanyak 50 kepala keluarga (kk). Program pansimas ini terbentuk berawal dari musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) nagari pada tahun 2012 dengan nama' AIE SIRAH BARANGAN' menggunakan anggaran Rp 200 juta dengan tujuh orang tim. Kemudian pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat sehingga saat ini masyarakat daerah itu menggunakan sebanyak 578 KK pada program Pansimas tersebut.

"Awalnya hanya 50 KK. Dan sekarang nagari kubang sudah mencapai 578 KK dalam penggunaan penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakat", paparnya.(MC Prov Sumbar/webpessel/desy/eyv)