Malang, InfoPublik - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang kembali menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) Aktualisasi Usaha Mikro Tahun Anggaran 2018 di Malang, Senin (12/2).

Acara dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Drs. Wasto, SH., MH. Ia banyak berharap dari FGD ini akan banyak lahir pemikiran-pemikiran hebat untuk mengembangkan koperasi dan usaha mikro. Dari diskusi ini dibuat rumusan model pemberdayaan dalam rangka mengaktualisasi peran usaha mikro untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Banyaknya stakeholder, kata dia, terlibat dalam kegiatan FGD ini akan banyak menjadi masukan dari akademisi, perguruan tinggi, para pelaku usaha mikro yang sedang berkembang dan sudah berkembang, perbankan menjadi harapan tersendiri.

“Kalau hanya mengandalkan APBD, tentu tidak mungkin bisa mengembangkan usaha mikro dengan  baik. Adanya kegiatan pelatihan dan FGD seperti ini sangat penting untuk bisa memajukan koperasi dan usaha mikro,” jelas Wasto.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Dra. Tri Widyani P., M.Si mengatakan, kegiatan ini untuk  percepatan pengembangan koperasi dan usaha mikro di Kota Malang. Dengan adanya kegiatan ini usaha mikro di Kota Malang bisa semakin cepat naik kelas.

“Formula-formula apa yang bisa mempercepat usaha mikro naik kelas sangat tepat dibahas dalam FGD kali ini. Kami berharap usaha mikro Kota Malang dengan ditangani dengan baik akan lebih cepat berkembang,” ujar Yani, panggilan akrab Tri Widyani.

Kegiatan FGD ini akan digelar selama dua hari, Senin (12/2/2018) dan Selasa (13/2/2018). Kegiatan ini juga diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Malang. (Cahyo Nugroho/ Ramli Prayoga/Elvira)