Jakarta, InfoPublik - Hujan deras menyebabkan material longsor kembali menutupi akses jalan trans Sulawesi di Desa Blongko Kecamatan Sinonsayang, Kabupaten Minahasa Selatan.

"Pada Minggu siang (11/2) akses jalan ini sudah dapat dilalui satu lajur. Namun hujan kembali turun dan menutup jalan sehingga lalu lintas ditutup kembali," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Senin (12/2).

Sebelumnya banjir dan longsor terjadi di Minahasa Selatan pada Jumat (9/2) pukul 17.00 Wita. Laporan lengkap sebagai berikut:

Lokasi:
Prov. Sulawesi Utara
Kab. Minahasa Selatan
Kec. Suluun Tareran (Ds. Suluun I).
Kec. Tareran (Ds. Wuwu, Ds. Kaneyan).
Kec. Sinonsayang (Ds. Durian, Ds. Poigar I). 
Kec. Amurang Barat (Ds. Elusan, Ds. Kapitu, Ds. Wakan, Kel. Kawangkoan Bawah). Dampaknya sebanyak 30 KK mengungsi ke rumah saudara dan tetangga.

Kerugian Materil  berupa 4 Unit rumah rusak berat, 1 unit rumah rusak ringan,  25 unit rumah terdampak, Tinggi banjir saat kejadian 1-1,5 meter.  Jalan trans Sulawesi (Kec.Sinonsayang) tertutup material longsor dengan tinggi 2 meter panjang kurang lebih 300 meter.

Longsor terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya sungai Poigor. BPBD bersama instansi terkait telah melakukan pendataan dan evakuasi. Sebanyak 4 alat berat dikerahkan untuk mengatasi longsor.