Kementan Fokus Upaya Pengentasan Kemiskinan Melalui Padat Karya

:


Oleh Baheramsyah, Senin, 12 Februari 2018 | 14:34 WIB - Redaktur: Juli - 367


Jakarta, InfoPublik - Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) memfokuskan kegiatan pada upaya pengentasan kemiskinan melalui padat karya di 2018. Fokus ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan nantinya bisa mendukung pencapaian program pemerintah.

"Kita akan fokus dan berkontribusi nyata dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan," kata Kepala BKP Kementan Agung Hendriadi, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (12/2).

Agung menambahkan, pengentasan kemiskinan dengan pola padat karya dilakukan di 1.000 desa dari 100 kabupaten/kota.

Agung menekankan bahwa pengentasan daerah rawan pangan sebagai bagian dari penurunan angka kemiskinan dilakukan dengan cara penurunan angka stunting dan optimalisasi kegiatan padat karya untuk menyerap tenaga kerja melalui Kawasan rumah pangan lestari, kawasan Mandiri Pangan dan lainnya.

Untuk mendukung kesuksesan kegiatan tersebut, Agung meminta agar dinas ketahanan pangan daerah fokus pada tugas, fungsi, dan perannya melalui program/kegiatan yang sudah direncanakan. Beberapa kegiatan yang perlu dilakukan di antaranya stabilisasi pasokan dan harga pangan, serta penguatan cadangan pangan daerah.

Lebih lanjut, Agung memaparkan, BKP siap melaksanakan beberapa kegiatan seperti penyediaan informasi harga pangan dari tingkat kabupaten hingga kecamatan, pelaksanaan serap gabah petani (sergab) bersama TNI dan Bulog di tingkat kabupaten sampai tingkat lapangan khususnya di 17 provinsi sentra produksi padi.

"Untuk mendukung kesuksesan kegiatan tersebut diharapkan agar dinas dan instansi yang menangani urusan pangan melakukan upaya ekstra untuk kesuksesan pencapaian swasembada pangan," pungkasnya.