16 Partai Politik di Balangan Dinyatakan Lolos Verifikasi

:


Oleh MC Kabupaten Balangan, Senin, 12 Februari 2018 | 09:20 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 295


Paringin, InfoPublik– Sebanyak 16 partai politik dinyatakan lulus uji verifikasi oleh KPUD Balangan. Hasil tersebut disampaikan pada Rapat Pleno Terbuka yang digelar oleh KPUD Balangan di BallRoom Hotel Aston tanjung pada Jum’at (9/2).

Paparan dari hasil penilitian dan verifikasi sejumlah indikator seperti administrasi dan kepengurusan, keterwakilan perempuan sebanyak 30%, hingga adanya domisili kantor dan struktur keanggotaan parpol calon peserta pemilu 2019 menjadi fokus utama dalam rapat pleno kali ini.

Ketua KPUD Kabupaten Balangan, Usman M mengungkapkan, sejumlah kendala yang sempat dihadapi selama proses verifikasi akhirnya dapat terselesaikan dengan baik.  

“Selama proses verifikasi ini, kita lakukan pengecekan satu per satu anggota partai politiknya, termasuk juga keterwakilan perempuan dan domisili kantornya. Agar semuanya jelas dandapat dipertanggung jawabkan.” Imbuhnya.

Hasil verifikasi ini sendiri adalah hasil verifikasi yang dilakukan selama 4 bulan terakhir sejak partai politik mendaftarkan diri pada 3 oktober 2017 kemarin.

Selanjutnya, hasil verifikasi data KPUD Kabupaten Balangan tersebut akan dilaporkan kepada KPUD Provinsi Kalimantan Selatan untuk diteruskan ke KPU RI. Sehingga, nantinya KPU RI dapat menetapkan peserta calon partai yang berhak berlenggang pada ajang pilkada 2019 mendatang. (MC Kab. Balangan/Suria/Eyv)