Bersih-Bersih Kota oleh Polresta Solok dalam HPN 2018

:


Oleh MC Prov Sumatera Barat, Minggu, 11 Februari 2018 | 21:24 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 415


Solok, InfoPublik - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kota Solok Sumatera Utara bekerjasama dengan Forum Komunikasi Wartawan Solok (F-Kuwas) menggelar aksi bersih-bersih dengan memungut sampah di beberapa sudut kota. Kegiatan yang bertema "menyelamatkan bumi dan meraih Piala Adipura untuk Kota Solok" ini, juga diikuti oleh sekitar dua ribuan masyarakat yang terdiri dari pelajar dan masyarakat umum.

Kegiatan yang juga dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2018 ini, dipusatkan di depan Markas Polres Solok KotaSabtu (10/02).

Wakil Walikota Solok, Reinier Dt Intan Batuah, mengapresiasi aksi bersih ini. Menurutnya, aksi ini merupakan sumbangsih dalam penilaian Adipura untuk Kota Solok. Menurut Reinier, salah satu item penilaian Adipura adalah peran serta masyarakat dan elemen di luar Pemko Solok terhadap kebersihan dan kerapian kota.

“Aksi bersih kali ini merupakan nilai plus dalam serangkaian item penilaian Adipura. Kita sangat berterima kasih polisi dan wartawan bisa menggelar kegiatan ini,” ujarnya.

Panitia sendiri menyediakan hadiah bagi pengumpul sampah terbanyak dengan beragam doorprize menarik. Total, sekitar 3,47 ton sampah berhasil dikumpulkan dari 13 kelurahan di Kota Solok.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan menyatakan kegiatan ini terwujud atas sinergitas antara Polres Solok Kota dengan wartawan yang meliput di wilayah hukum Polres Solok Kota. Menurutnya, sebagai bagian dari masyarakat Kota Solok, polisi dan wartawan adalah mitra masyarakat. Karena itu, dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018 ini, polisi dan wartawan harus memberikan sumbangsihnya untuk masyarakat.

“Polisi dan wartawan adalah mitra masyarakat. Aksi bersih ini merupakan sumbangsih nyata di luar tugas pengamanan, pelayanan dan penegakan hukum bagi polisi dan tugas-tugas jurnalistik bagi wartawan. Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi contoh bagi elemen masyarakat lainnya untuk menggelar kegiatan kemasyarakatan. Polres Solok Kota siap membantu dan memfasilitasi,” ujar Kapolres bergelar Datuk Pandeka Rajo Mudo tersebut.

Kegiatan diawali dengan senam bersama di halaman Mapolres Solok Kota, yang diikuti seluruh pelajar, masyarakat dan personel Polres Solok Kota. Untuk menyemarakkan aksi bersih tersebut, Polres Solok Kota dan panitia pelaksana mengganti satu kilogram sampah yang dikumpulkan masyarakat dengan uang tunai Rp 2 ribu. Selain itu, juga ada doorprize yang diundi dari setiap kupon peserta. Hadiah doorprize berupa sepeda, lemari es, kompor gas, jam dinding, payung dan peralatan rumah tangga lainnya.

Sementara itu, Ketua F-Kuwas Roni Natase menyatakan kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari 2018. Disamping memeriahkan HPN 2018 yang secara nasional dipusatkan di Kota Padang, wartawan dan Polres Solok Kota juga menggelar peringatan tersebut di Kota Solok.

“Selama ini, kemitraan Polres Solok Kota dan wartawan yang meliput di wilayah hukum Polres Solok Kota terjalin sangat baik. Sehingga, acara ini dapat terselenggara dengan sukses dan meriah,” ujar Roni Natase.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Solok Zul Elfian, Wakil Walikota Solok Reinier Dt Intan Batuah, Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can, Anggota F-Kuwas, OPD dan ASN Pemko Solok. (MC Prov Sumbar/Diskominfo/Eko/TR)