Tim Nalapo Japan Bersama CFP, OISCA Internasional Kunjungi SMP Negeri 5 Sumenep

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Senin, 12 Februari 2018 | 05:44 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 355


Sumenep, Infopublik - Lembaga Internasional peduli lingkungan Nalapo Japan bersama Children's Forest Program (CFP), Organization for Industrial Spiritual and Cultural Advancement (OISCA) Indonesia, melakukan monitoring program kegiatan di SMP Negeri 5 Sumenep, khususnya kegiatan peduli lingkungan yang dilaksanakan Gudep Pramuka 0189-0190 tersebut, Sabtu sore (10/2).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep yang juga Ketua Kwarcab Sumenep, Ach Shadik yang hadir pada kegiatan tersebut berharap, kerja sama tersebut harus terus dilanjutkan, karena memang sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia,

“Kegiatan seperti ini memang bagus dan harus terus dilaksanakan, apalagi kegiatan menjaga lingkungan dengan penanaman pohon yang dilakukan bersama Nalapo Japan, CFP dan OISCA selama ini sudah ada dalam penerapan isi Dasa Dharma Pramuka yang kedua yakni, cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.” ungkapnya.

Tentunya menurut Ketua Kwarcab Sumenep ini pohon sangat bermanfaat bagi manusia yang membutuhkan udara (oksigen). Jika manusia bernafas mengeluarkan zat asam arang yang dibersihkan oleh tumbuhan, dan tumbuhan mengeluarkan zat asam yang dibutuhkan manusia. Karena itu peliharalah tanaman dengan baik agar bisa saling menguntungkan. Sebab, jika tidak pohon tersebut akan mati. Dan itu merupakan awal dari penderitaan manusia.

Sementara Direktur Nalapo Japan, Mr Tatsuya Kajiya dengan bahasa Indonesia yang cukup fasih menyampaikan terima kasih kepada semua yang telah mendukung kegiatan tersebut utamanya keluarga besar SMP Negeri 5 Sumenep yang telah bekerjasama dengan OISCA Internasional. Apalagi program penghijauan yang dilaksanakan oleh anak-anak di Madura Sudah berlangsung sejak 2014.

Bahkan, Mr Tatsuya Kajiya mengaku sangat bangga dan senang melihat aktifitas yang dilakukan anak-anak di SMP Negeri 5 Sumenep ini. Sehingga, pihaknya akan terus membantu melakukan penghijauan.

“Kami berharap anak-anak semakin banyak terlibat dalam program penghijauan bersama Nalapo dan OISCA,” tandasnya.

Kehadiran Direktur Nalapo Japan, Mr Tatsuya Kajiya bersama Mr Mizuki Hidaka, dan Direktur OISCA Indonesia, Mr Yutaka Nakagaki beserta isteri, selain melihat sejumlah kegiatan penghijauan yang dilakukan di lingkungan sekolah, mereka bersama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep dan Kepala SMP Negeri 5 Sumenep, Syaiful Rahman Dasuki, meninjau langsung kegiatan penanaman pohon yang dilakukan sebelumnya di Desa Marengan Laok Kecamatan Kalianget.

Kemudian pada Minggu pagi (11/2) Tim Nalapo Japan ini berkunjung ke MI Riyadlul Ulum Kecamatan Batuputih. (Ren/Fer)