Jakarta, InfoPublik - Olah raga sebagai pola hidup aktif merupakan upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan. Pembinaan kebugaran jasmani pada waktu muda dapat bermanfaat untuk pencapaian kesehatan dan kebugaran jasmani pada usia dewasa dan usia lanjut.

Aktivitas fisik dan olah raga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik anak dan remaja seperti peningkatan kekuatan otot dan tulang, tapi juga meningkatkan kesehatan jantung, peredaran darah dan mengontrol berat badan.

Jenis-jenis aktivitas fisik tang dapat dilakukan adalah

  1. Kegiatan sehari-hari seperti jalan kaki, berkebun, berkebun, membersihkan seluruh isi rumah, dan lainnya.
  2. Sedangkan olah raga seperti push up, lari ringan, bermain bola, berenang, senam, dan lainnya.

Aktivitas fisik yang dilakukan selama 30 menit setiap hari secara teratur selama tiga bulan akan terasa manfaatnya, yaitu:

  1. Menjaga kesehatan agar terhindar dari segala penyakit
  2. Meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh
  3. Meningkatkan kualitas hubungan sex (bagi yang sudah menikah)
  4. Membakar kalori dan mencegah kelebihan berat badan
  5. Meningkatkan rasa percaya diri
  6. Mengurangi stres dan emosional
  7. Membuat tidur lebih nyenyak
  8. Membuat wajah dan tubuh lebih segar