Jakarta, InfoPublik - Makan buah dan sayur setiap hari sangat penting. Karena mengandung serat yang tinggi, vitamin, dan mineral yang mengatur metabolisme energi, pertumbuhan, dan pemeliharaan tubuh.

Sayur dimakan dua porsi setiap hari. Satu porsi sama dengan satu mangkuk sayuran segar atau setengah mangkuk sayuran matang. Selain itu buah-buahan dimakan dua hingga tiga kali sehari.

Makanlah berbagai macam buah karena akan memperkaya variasi zat yang terkandung dalam buah. Berikut ini adalah manfaat vitamin yang ada di dalam sayur dan buah:

  1. Vitamin C, untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi
  2. Vitamin K, untuk pembekuan darah
  3. Vitamin B12, dapat meningkatkan nafsu makan
  4. Vitamin B, dapat mencegah penyakit beri-beri
  5. Vitamin A, untuk pemeliharaan kesehatan mata
  6. Vitamin D, untuk kesehatan tulang
  7. Vitamin E, untuk kesuburan dan awet muda

Diet sehat dengan kalori seimbang adalah pola konsumsi makanan yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, mencakup pemilihan makanan rendah gula, rendah garam, rendah lemak, tinggi serat dan kalori seimbang. Zat gizi yang dibutuhkan adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Anjuran konsumsi gula per orang per hari setara dengan 50 gram (empat sendok makan). Sementara itu konsumsi garam per orang per hari adalah 5 gram natrium setara satu sendok teh, sedangkan anjuran konsumsi lemak per orang per hari adalah lima sendok makan.