Baznas Palangka Raya Rehab Total Rumah Tidak Layak Huni

:


Oleh MC Kota Palangka Raya, Senin, 12 Februari 2018 | 13:56 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 167


Palangka Raya, InfoPublik - Wakil Walikota Palangka Raya Kalimantan Tenga, Mofit Saptono Subagio menghadiri acara pemancangan tiang pertama program rehabilitasi rumah milik Winarno, warga Jalan Gajahmada Jalan Tjlik Riwut Km 6, Sabtu (10/2), yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palangka Raya bekerja sama dengan Kodim 1016 Palangka Raya, Dinas Sosial Kota Palangka Raya, dan Human Community Palangka Raya (HCP).

Pemancangan tiang pertama ini juga dihadiri Komandan Kodim 1016 Palangka Raya, Kepala Baznas Kota Palangka Raya Supriyanto, dan Kepala Kementerian Agama Kota Palangka Raya Baihaqi, serta Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Palangka Raya Barit Rayanto.

Dibedahnya rumah milik Winarno ini karena kondisi rumahnya sangat tidak layak huni, dimana rumah panggung yang dia buat hanya berdinding terpal beratap seng yang sangat tidak layak.

Karena kondisi rumah yang rusak berat, tim bedah rumah memutuskan untuk membuat bangunan rumah baru berukuran 5 meter x 6 meter dengan dua ruang tidur, ruang tamu, dan ruang makan, sedangkan dapur dibuatkan terpisah.

"Sementara untuk kamar mandi dan WC dibuatkan oleh Kodim, karena dana yang dimiliki Baznas tidak cukup," kata Kepala Baznas, Supriyanto.

Supriyanto menambahkan teknis untuk melakukan bedah rumah ini Baznas memperoleh data dari dinas sosial kemudian disurvei untuk mengetahui layak tidaknya dibantu. "Ternyata untuk Palangka Raya yang mendesak adalah rumah milik bapak Winarno ini, karena dindingnya dari terpal dan atapnya bocor" ucapnya.

Pihaknya menegaskan selain kriteria tidak mampu, syarat untuk memperoleh bantuan rehab rumah dari Baznas ini adalah lahan yang akan dibedah rumah adalah milik sendiri. (MC. Isen Mulang/TR)