Presiden Canangkan Revitalisasi 1000 Rumah Gadang

:


Oleh Wawan Budiyanto, Jumat, 9 Februari 2018 | 19:48 WIB - Redaktur: Juli - 614


Padang, InfoPublik - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di 2018 ini mencanangkan revitalisasi 1000 rumah gadang yang merupakan rumah adat atau rumah tradisi Minangkabau yang ada di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Hal tersebut diceritakan Presiden dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang diselenggarakan di Danau Cimpago Pantai Padang, Sumbar, Jumat (9/2). Beliau saat masih muda tahun 1983 mengaku kagum akan keindahan rumah gadang yang ada di Solok Selatan.

“Jadi saya ingat betul waktu naik Gunung Kerinci lewat Solok Selatan. Kekaguman saya akan rumah tradisi rumah adat yang sangat cantik dan sangat indah sekali, dan sebagai bagian dari perawatan kekaguman tersebut saya pada hari ini mencanangkan revitaslisasi total kawasan 1.000 rumah gadang di kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumbar,” kata Presiden.

Menurutnya, revitalisasi tersebut sekaligus prototipe untuk rumah gadang yang khususnya ada di wilayah Sumatera Barat dan umumnya di seluruh pelosok tanah air.

“Dan nantinya revitalisasi ini sekaligus merupakan prototipe untuk rumah gadang yang ada di Sumatera Barat khususnya, juga di seluruh pelosok tanah air,” tambahnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga melihat keindahan alam di Desa Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, yang menurutnya lokasi tersebut dapat dijadikan sebagai potensi industri pariwisata.

“Tadi pagi kita juga melihat keindahan sebuah desa yang sangat cantik, indah yaitu di desa Pariangan di kabupaten Tanah Datar. Ini sekalian saya tugaskan selain yang ada di Solok Selatan juga di desa yang tadi pagi jam 07.00 WIB untuk juga diselesaikan tahun ini, sekalian. Landscape restorasi rumah-rumah yang ada, sehingga akan menambah cantik rumah adat yang ada baik di Solok Selatan mapun di Desa Pariangan tadi,” ujarnya.