Kementerian PariwiSata Tetapkan Lima Pasar Utama

:


Oleh Untung S, Jumat, 9 Februari 2018 | 10:55 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 737


Jakarta, InfoPublik-Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menetapkan Tiongkok, Eropa, Australia, Singapura, dan India sebagai Top Five (5) pasar utama wisatawan mancanegara (wisman) 2018. Penetapan Top 5 pasar utama (dari 14 pasar utama) wisman berdasarkan kriteria 3 S (size, sustainability, dan spending). 

Dalam rilis Kempar yang diterima InfoPublik, Jaumat (9/2), disebutkan Tiongkok menempati urutan pertama sebagai pasar utama wisman 2018, berdasarkan size atau jumlah kunjungan wisatawan dari Tiongkok tercatat paling tinggi. Pada Januari-November 2017 jumlah kunjungan mencapai  1,9 juta wisman dengan pertumubuhan atau sustain/growth sebesar 42,2 persen,  dan perolehan devisa atau spread (spending) US$ 1,94 miliar. 

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam keterangannya di Padang, Jum'at  (9/2) mengatakan menjadi pasar utama wisman 2018 karena total nilai dari size, sustain (growth), dan spread (spending) tertinggi (WA) mencapai 92 persen, sedangkan posisi kedua adalah Eropa total nilainya 77 persen. “Keunggulan pasar wisman Eropa pada spread atau spending,” kata Menpar Arief Yahya. 

Wisatawan dari Eropa rata-rata pengeluaran mencapai US$ 1.538/wisman per kunjungan, sedangkan wisatawan Tiongkok 1.019 /wisman per kunjungan.  Meskipun jumlah wisatawan Tiongkok lebih besar (size) dari sisi total nilai (WA), namun untuk perolehan devisa atau spread  (spending) wisatawan Eropa  lebih unggul mencapai US$ US$ 2,6 miliar, sedangkan devisa dari wisatawan Tiongkok sebesar US$ 1,9 miliar. 

Kunjungan wisatawan Eropa ke Indonesia pada Januari-November 2017 tercatat sebanyak 1,7 juta (size) dengan pertumbuhan sustain (growth) sebesar 14,1 persen, sedangkan perolehan devisa spread (spending) US$ 2,6 miliar. 

Dari 14 pasar utama wisman 2018 yang masuk sebagai Top Ten (10) adalah; Tiongkok, Eropa, Australia, Singapura, India, Malaysia, USA, Korsel, Jepang, dan Filipina, sedangkan urutan selanjutnya adalah Thailand, Taiwan, Timteng, dan Hongkong. 

Pasar Timur Tengah (Timteng) dari sisi pengeluaran per wisman tercatat tertinggi di antara pengeluaran wisman dari 14 pasar utama lainnya, yakni mencapai US$ 1.918/wisman per kunjungan atau mengalahkan wisatawan dari Eropa sebesar US$ 1.538/wisman per kunjungan. 

Namun demikian, bila dihitung dari sisi spread (spending) total pendapatan devisa dari wisatawan Timteng hanya sebesar US$ 402 juta, hal ini karena jumlah kunjungan wisman Timteng ke Indonesia relatif masih kecil pada periode Januari-November 2017 hanya 209.963 wisman.