Latih Disiplin Lalu Lintas, Polres Temanggung Giatkan ZoSS dan PKS

:


Oleh MC Kab. Temanggung, Jumat, 9 Februari 2018 | 10:23 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 671


Temanggung, InfoPublik – Meningkatkan keselamatan dan kedisiplinan pelajar dalam berlalu lintas, Kepolisian Resor (Polres) dan Dinas Perhubungan Kabupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah membuat Zona Selamat Sekolah (ZoSS) di 13 titik di wilayah Temanggung.

ZoSS tersebut akan diperluas lagi hingga menjangkau seluruh kecamatan yang berada di Kabupaten Temanggung. Ke depannya juga akan menggandeng para pelajar untuk menjadi petugas Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dalam mengatur penyebrangan jalan.

“Ini nanti kita integrasikan dengan adik–adik PKS yang tadi sudah disimulasikan, artinya nanti ketika ini semua sudah selesai sarana dan prasarana, maka otomatis akan diberlakukan kegiatan di Zona Selamat Sekolah ini,” jelas Kepala Polres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo usai meluncurkan ZoSS di SDN 1 Jampiroso Jl. Jendral Sudirman, Kota Temanggung, Rabu (7/2). 

Wiyono mengatakan untuk menjadi petugas PKS, pihak Satlantas Polres Temanggung telah berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk melakukan latihan dalam mengatur lalu lintas. PKS akan bertugas ketika pagi hari saat waktu berangkat sekolah dan siang hari saat pulang sekolah.

“Ia akan membantu teman–temannya untuk menyeberang jalan dengan didampingi guru, Satlantas, Polsek serta Dishub,’’  tambah Wiyono. Menurut Wiyono hal tersebut merupakan salah satu cara untuk mendidik budaya tertib berlalu lintas sejak dini. 

Ketika dimintai pendapatnya terkait ZoSS, Bupati Temanggung H M Bambang Sukarno sangat mendukung ide dan gagasan untuk membuat ZoSS dan dilibatkannya pelajar melalui program PKS tersebut. "Hal ini sebagai salah satu langkah dalam meminimalisir tingkat kecelakaan di area sekolah," ujarnya. (MC TMG/ Penulis ; Ria / Foto : Coeplist / Editor ; Ekape/Elvira)