Dinyatakan Aman, Layanan KA Bandara Telah Beroperasi Kembali

:


Oleh Dian Thenniarti, Jumat, 9 Februari 2018 | 08:05 WIB - Redaktur: Juli - 351


Jakarta, InfoPublik - Layanan Kereta Api (KA) Bandara Soekarno- Hatta yang sempat terhenti sementara akibat longsoran tanah di underpass parimeter KM 8+6/7 jalur Bandara Soekarno-Hatta (Basoetta) - Batuceper pada Senin (5/2) sore lalu, telah dinyatakan aman untuk dioperasikan kembali.

Oleh karena itu, sejak Kamis (8/2) mulai pukul 19.51 WIB operasionalnya telah dilaksanakan kembali untuk relasi Stasiun Sudirman Baru (BNI City) - Stasiun Batu Ceper - Stasiun Bandara Soekarno Hatta, dan pukul 20:40 wib untuk relasi Stasiun Bandara Soekarno Hatta - Stasiun Batu Ceper - Stasiun Sudirman Baru (BNI City).

Keputusan untuk dioperasikannya kembali layanan KA Bandara diambil setelah pada Kamis, 08 Februari 2018 dilaksanakan uji coba operasi menggunakan lokomotif dan rangkaian KA bandara oleh tim teknis PT KAI bersama konsultan independen.

Menurut Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto, hasil uji coba dan kajian teknis oleh konsultan independen menyatakan jalur bisa dilalui sesuai perjalanan KA dengan pembatasan kecepatan sementara. Pembatasan kecepatan dimaksudkan untuk mengamankan perjalanan KA dan pekerjaan perbaikan pada lokasi longsor.

"KA Bandara akan beroperasi normal dan sesuai dengan jadwal perjalanan yang berlaku. Pembatasan kecepatan hanya sekitar 100 meter pada jalur yang berdekatan dengan titik longsor sehingga tidak berpengaruh terhadap waktu tempuh KA Bandara Soekarno Hatta," imbuhnya.