Dinas PU Bina Marga Jatim Perlebar 27 Ruas Jalan Provinsi

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Rabu, 7 Februari 2018 | 22:14 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 819


Surabaya, InfoPublik - Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur pada tahun 2018 akan melakukan pelebaran pada 27 ruas jalan provinsi yang ada di kabupaten dan kota.

Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim, Gatot Sulistyo Hadi ditemui di kantornya, Rabu (7/2) mengatakan bahwa ruas-ruas jalan  tersebut nantinya ada yang direkonstruksi, ada juga yang dilebarkan. ”Kami targetkan, dalam waktu dekat sudah bisa dimulai," ujarnya.

Namun begitu, lanjut Gatot, kali ini ini prioritas penanganan adalah pelebaran jalan. ”Sebab, rata-rata lebar jalur itu di masih di bawah enam meter,” katanya.

Targetnya adalah jalur-jalur yang memiliki lebar minimal tujuh meter, walaupun ada juga ruas yang pelebarannya tetap di angka enam meter, terutama di jalur provinsi Ponorogo-Pacitan.

"Jalur di sana sudah mepet dengan tebing-tebing. Jika dipaksakan untuk pelebaran, dikhawatirkan malah membahayakan,” ujar Gatot.

Saat ini fase persiapan proyek telah bergulir, dan menurut rencana penyelesaiannya pada November 2018 mendatang. Total panjang jalan provinsi mencapai 1.421 kilometer.

Data dari PU Bina Marga, ruas jalan yang akan diperluas, diantaranya adalah di jalur Jajag-Simpanglima-Pasanggaran sepanjang 5.500 meter, atau di jalur perbatasan Batu-Krdiri dan jalan akses Bojonegoro-Pajeng (Nganjuk) masing-masing 4 kilometer.

Dari sisi jumlah ruas, jalur provinsi di wilayah Madura yang paling banyak mendapat atensi. Tercatat ada lima ruas diantaranya di akses Sampang-Ketapang (4.500 meter), Sampang-Omben (1.950 m), hingga Sumenep-Pantai Lumbang (1.950 m).

Berdasarkan program penanganan jaringan jalan provinsi yang sudah disusun, total dana yang disiapkan sebesar Rp 353,6 miliar, dengan panjang jalan yang bisa digarap mencapai 63 kilometer. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-Pca/TR)