Surabaya, InfoPublik – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi (Pemprov) Jawa Timur meraih penghargaan sebagai dinas terbaik untuk hal ketenagakerjaan se-Indonesia.

Jawa Timur dinilai mampu memberikan pelayanan penempatan dan perlindungan TKI dengan sistem satu atap/satu pintu dengan menjalankan prinsip layanan mudah, cepat, tepat, dan murah. Selain itu, penghargaan Kadisnakertrans terbaik juga tidak lepas dari keberhasilan menempatkan TKI terbanyak nasional pada 2017.

“Penghargaan dari Asosiasi Perusahaan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (Aspataki) ini berkat dukungan dari Pakde Karwo (Gubernur Jatim, red), Menteri Tenaga Kerja dan Kepala BNP2TKI, sehingga usaha penempatan TKI di Jatim dapat merangkak maju lagi,” kata Kadisnakertrans Jatim, Setiajit, Rabu, (7/2) dikonfirmasi.

Ditambahkannya bahwa kunci instansinya mampu menjadi yang terbaik karena juga selalu berupaya memberikan pelayanan yang maksimal disampung melakukan inovasi. "Pelayanan yang lebih disenangi TKI karena adanya keterbukaan, kepedulian. Langkah ini juga sebagai upaya mengurangi jumlah TKI illegal,” ujarnya.

Penyerahan Aspataki Award 2018 diberikan sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Aspataki di Bandung, pada 2-3 Februari lalu. Aspataki memberikan penghargaan kepada 11 perwakilan dari Kemnaker, BNP2TKI, perawakilan RI di negara penempatan dan Kadisnaker Provinsi Jawa Timur.

Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja pemerintah karena membuat anggota Aspataki nyaman dan memberikan pelayanan dengan cepat. Adanya Aspataki Award diharapkan menjadi penyemangat bagi penerima dan yang belum menerima.(MC Diskominfo Prov Jatim/non-luk/TR)