DLH Banjar Gandeng Swasta, Usung SDGs

:


Oleh MC Banjar, Rabu, 7 Februari 2018 | 11:25 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 440


Martapura, InfoPublik – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, menggandeng pihak swasta dalam percepatan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs). Rapat koordinasi sekaligus pemaparan tentang pentingnya keterlbatan swasta dalam pembangunan daerah, digelar di Marketing Gallery Sky Pavilion, Gambut Rabu (31/1).

Bupati Banjar H Khalilurrahman yang disampaikan oleh Asisten II Setda Banjar I Gusti Nyoman Yudiana, menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Lingkungan Hidup perlu menggelar rapat koordinasi dan pemaparan tentang pentingnya kehadiran swasta dalam pembangunan daerah.

Prinsip pembangunan berkelanjutan atau MDGs untuk meningkatkan kualitas lingkungan yang lebih baik akan menjadikan masyarakat yang maju dan sejahtera.

Tentunya, lanjut Nyoman Yudiana, semua pihak harus menjalin koordinasi dan kolaborasi yang sinergis, terutama antara pemerintah daerah dan pihak swasta, dengan mengedepankan asas kebersaman dan saling menguntungkan, agar bisa mewujudkan pemerintahan yang berkelanjutan.

Ia  juga menegaskan, rapat koordinasi dan pemaparan tentang pentingnya kehadiran swasta dalam pembangunan daerah dalam kerangka SDGs sangat penting serta peran semua pihak dari berbagai kalangan, tidak terkecuali peran swasta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banjar,Boyke W Triestiyanto, menekankankan, partisipasi swasta salah satu faktor penting yang mendukung pembangunan daerah melalui kemitraan atau Partnerships in Development dan menjaring serta menjaga jejaring komunikasi yang efektif.

Rapat Koordinasi melibatkan sektor dunia usaha dan swasta, SKPD terkait, dan dewan pakar dari akademis yaitu Prof Dr Maryunani dari Universitas Brawijaya dan Prof Dr Ir Syarifuddi. (MC-Kab.Banjar/yani/inas/dani/eyv)