Ketua MPR RI Ingatkan Tiga Kesenjangan Bangsa

:


Oleh MC Kota Malang, Rabu, 7 Februari 2018 | 10:03 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 567


Malang, InfoPublik - Era reformasi tak hanya membawa dampak positif, tapi juga negatif seperti adanya berbagai kesenjangan di masyarakat. Saat ini, setidaknya ada tiga kesenjangan yang terjadi dan dialami masyarakat, yaitu kesenjangan ekonomi, politik dan sosial.

Terkait hal itu, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengajak seluruh elemen bangsa untuk tidak membiarkan ketiga kesenjangan itu meluas, agar tidak terjadi perpecahan di negeri ini. Pernyataan itu disampaikan dia dalam acara safari politiknya di gedung TP PKK Kota Malang, Senin (05/02/2018).

“Otonomi daerah dan Pemilihan Kepla Daerah (Pilkada) langsung adalah, salah satu imbas dari era reformasi yang digulirkan sejak 20 tahun lalu. Begitu juga dengan kemerdekaan, seperti disampaikan Presiden pertama RI, Soekarno, bahwa Indonesia merdeka agar bisa bersatu, kemudian berdaulat dan berlaku adil bagi seluruh rakyat Indonesia,” beber politisi PAN itu.

Demokrasi pancasila, lanjut dia, seharusnya menghasilkan keadilan dan kesetaraan agar tidak terjadi ketimpangan serta perpecahan. Namun untuk mewujudkan semua itu tidak mudah dan masih banyak hambatan, seperti terjadinya beberapa kesenjangan di tengah masyarakat.

Ditambahkan Zulkifili,  bahwa kesenjangan ekonomi menduduki posisi pertama, karena pada kenyataannya bagi pemilik modal besar akan menguasai sektor ekonomi dan sebaliknya.

“Kesenjangan politik juga dirasakan masyarakat, di mana saat ini kepercayaan masyarakat terhadap partai politik (Parpol) dan wakilnya di parlemen mengalami penurunan,” ungkapnya.

Kesemuanya itu, terang dia, disebabkan karena apa yang diinginkan masyarakat berdeda dengan apa yang di inginkan rakyat. Berikutnya adalah kesenjangan sosial, di mana masyarakat tidak percaya kepada ormas-ormas besar dan instruksi dari pengurus yang terstruktur diabaikan.

“Jika berbagai kesenjangan itu dibiarkan berlarut-larut, maka lampu kuning bagi bangsa ini. Oleh sebab itulah, seluruh elemen bangsa agar merapatkan barisan. Sehingga tidak terjadi perpecahan dan kesenjangan, serta Indonesia ke depan terhindar dari berbagai ancaman atau gangguan,” pungkas Zulkifli.(MC.Kota Malang/Achmad Syaiful Affandi/Ramli Prayoga/Eyv)